Penggunaan media papan kantung untuk meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan pasa siswa tunagrahita kelas III di SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar / Ika Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media papan kantung untuk meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan pasa siswa tunagrahita kelas III di SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar / Ika Puji Lestari

Lestari, Ika Puji (2015) Penggunaan media papan kantung untuk meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan pasa siswa tunagrahita kelas III di SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar / Ika Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Ika Puji. 2015. Penggunaan Media Papan Kantung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Penjumlahan pada Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (2) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci media papan kantung hasil belajar tunagrahita Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III tunagrahita SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran materi berhitung penjumlahan dengan hasil 1 sampai 10. Penyebabnya yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa adanya media yang menunjang penyampaian materi. Untuk itu dalam penelitian ini digunakan media papan kantung untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan media papan kantung untuk meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita kelas III di SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui penggunaan media papan kantung pada siswa tunagrahita kelas III di SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III tunagrahita SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar yang terdiri dari 6 siswa laki-laki Instrumen dalam penelitian ini berupa (1) Pedoman Observasi (2) Soal Tes (3) Pedoman Dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media papan kantung membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran aktivitas siswa pada siklus I 76 10 menjadi 85 54 pada siklus II (2) hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntatasan klasikal 16 66% pada pratindakan menjadi 50 00% pada siklus I 83 33% pada siklus II. Begitu juga rata-rata kelas dari 41 66 pada pra tindakan menjadi 62 41 pada siklus I 82 55 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media papan kantung dapat meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita kelas III SDLBN Kendalrejo Kabupaten Blitar. Saran bagi pendidik hendaknya menggunakan media papan kantung dengan variasi gambar berbeda untuk pembelajaran matematika dan untuk peneliti selanjutnya semoga bisa mengembangkan penelitian serupa dalam bidang akademik lain dengan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item