KEBIJAKAN SENSORSHIP DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Fatmawati, Siti and Nugrahaningtyas, Octarina and Paramita, Puspa (2018) KEBIJAKAN SENSORSHIP DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH. In: Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital dari Pustakawan untuk Merawat Kebhinekaan, 10 Oktober 2018, Universitas Negeri Malang.

[img] Text
11.pdf

Download (245kB)

Abstract

Paper ini membahas tentang kebijakan sensorship di perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah disini meliputi tingkat SD, SMP, dan SMA. Sensorship diartikan sebagai larangan untuk memproduksi, meyebarluaskan, atau menjual bahan yang berbahaya atau tidak pantas untuk disebarluaskan. Kegiatan sensorship penting dilakukan di perpustakaan sekolah agar memastikan koleksi bahan pustaka aman, positif,dan sesuai untuk dibaca oleh siswa.Kegiatan sensorship tidak hanya dilakukan oleh pustakawan dan guru, namun orangtua/wali berhak menyumbangkan pendapatnya. Hasil menunjukkan bahwa kebijakan sensorship pada perpustakaan sekolah kebanyakan belum secara jelas tertulis. Beberapa hal yang perlu diperphatikan dalam penyensoran yakni: krtiteria koleksi yang akan diosensor, proses penyensoran, dan kendala yang mungkin dialami pustsawan pada saat penyensoran. Dalam paper ini kami menggunakan metode peneletian studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Kata Kunci: sensorship, penyensoran buku, perpustakaan sekolah, koleksi perpustakaan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > Prosiding Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:23
Last Modified: 10 Oct 2019 07:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item