Cahyana, Havan Isdya (2015) Pengembangan media pembelajaran interaktif materi operasi hitung penjumlahan 1-10 untuk siswa tunagrahita kelas III di SLB YPLB C Kota Blitar / Havan Isdya Cahyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyana Havan Isdya. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Operasi Hitung Penjumlahan 1-10 untuk Siswa Tunagrahita Kelas III di SLB-C YPLB Kota Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd. (2) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. Kata kunci Interaktif Operasi Hitung Tunagrahita Tunagrahita adalah keadaan kecerdasannya yang jelas-jelas di bawah rata-rata adanya ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri dengan norma dan tuntutan yang berlaku di masyarakat. Siswa tunagrahita biasanya mengalami kesulitan menerima informasi materi yang di berikan oleh guru. Oleh karena itu siswa tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilan media pembelajaran interaktif mata pelajaran matematika khususnya materi operasi hitung penjumlahan 1-10 bagi siswa kelas III SLB-C YPLB Kota Blitar yang menarik sehingga meningkatkan kemampuan kognitif siswa tunagrahita kelas III dalam proses belajar mengajar mata pelajaran matematika. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengadaptasi langkah-langkah model Borg Gall terdiri dari 7 tahap. Subyek uji coba produk adalah ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa tunagrahita kelas III SLB-C YPLB Kota Blitar dengan Pre-test dan post test. Hasil pengembangan menunjukkan tingkat kevalidan media pembelajaran interaktif. Hasil penilaian ahli materi memperoleh presentasi 100% (sangat layak) ahli mediamemperoleh presentase 100% hasil uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata 70% dengan kualifikasi baik digunakan. Demikian hasil uji kelompok kecil didapatkan penialaian produk bahwa media pembelajaran interaktif materi oprasi hitung penjumlahan 1-10 layak digunakan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilkan termasuk dalam kriteria yang baik dan dapat meningkatkan kemampuan kogniktif siswa Tunagrahita SLB-C YPLB Kota Blitar. Saran yang diajukan adalah peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran dengan subyek yang bervariasi. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |