Pengebangan media peta timbul kenampakan bumi bagi siswa tunanetra kelas VI SDLB kemala Bhayangkari Trenggalek / Faiz Muzakki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengebangan media peta timbul kenampakan bumi bagi siswa tunanetra kelas VI SDLB kemala Bhayangkari Trenggalek / Faiz Muzakki

Muzakki, Faiz (2015) Pengebangan media peta timbul kenampakan bumi bagi siswa tunanetra kelas VI SDLB kemala Bhayangkari Trenggalek / Faiz Muzakki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muzakki Faiz. 2015. Pengembangan Media PetaTimbulKenampakanAlam IPS bagisiswatunanetraKelas VI SDLB KemalaBhayangkariTrenggalek. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasa Program Studi S-I FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Ir. EndroWahyuno M.Si (II) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum. Kata Kunci Pengembangan Media PembelajaranPetaTimbul IPS Tunanetra. Media pembelajaranmutlakdiperlukandalamkegiatan proses pembelajaran khususnyaAnakBerkebutuhanKhusus (ABK)tunanetra.Mengingatketerbatasan yang dimilikidalamhalpenglihatan yang berdampakpadamiskinnyapengetahuan yang dimilikianak sehinggadalampenggunaan media petatimbul yang dimodifikasisedemikianrupauntukmembantu proses pembelajaran. Media pembelajaranpetatimbulmerupakan media yang dicetaktimbuldanditambahkandenganhurufbraileuntuknamadaerahdansemuaketerangan yang berada di dalampeta supayamempermudahanakmemahamiisidaripeta. Hasilobservasi di SDLB KemalaBhayangkarididapatkanbahwapadapembelajaranmatapelajaran IPS guru masihbelumada media yang sesuaidenganpembelajaran IPS khususnyapadapokokbahasankenampakanalam.Olehkarenaituperluadanyaupayauntukmenghasilkan mediapembelajaranpetatimbul. PenelitianinimenggunakanjenisResearch and Developmentdenganmengadaptasi model dariSugiyono yang telahdimodifikasimenjadi 8 langkahyaitu (1) identifikasimasalah (2) pengumpulan data (3) desainproduk (4) validasidesain (5) revisidesain (6) ujicobaproduk (7) revisiproduk (8) produkakhir. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanprodukberupa media petatimbulmatapelajaran IPS untukanaktunanetrakelas VI SDLB KemalaBhayangkarisertamengujikeefektifanpenggunaannya. Media petatimbul yang dikembangkanterdiriatasletakdataranrendah datarantinggi sungai pegunungan danlaut.Hasilvalidasiahlimateri media danpraktisimendapatkankriteriadenganskor 90% 81% dan 80%.Dengan 90% bisadinyatakansangatlayak 81 % dinyatakansangatlayak dan 80 % dinyatakansangatlayak. Hasilkeefektifan media berdasarkanhasilbelajarsiswamendapatkanskor 100% bisadinyatakansangatlayak.Dari hasilvalidasiketigaahlidanhasilbelajarsiswamenunjukkan media sangatlayakuntukdigunakan. Disarankan guru tetapmendampingidanmemberikanbimbingankepadasiswameskipunperan guru hanyasebagaifasilitator.Bagipenelitiselanjutnya mengenaiujicoba media petatimbuldapatmengujikankekelompok yang lebihluasuntuklebihmengetahuikeefektifan media petatimbuldanuntuklebihmelengkapiisidaripeta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item