Yahya, Adam (2015) Pengaruh terapi sensori integrasi terhadap kemampuan motorik kasar berjalan di atas garis siswa autis diu SDLB BDr, Idayu 1 Jota Malang / Adam Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yahya Adam. 2015. Pengaruh Terapi Sensori Integrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Berjalan Di Atas Garis Anak Autis di SDLB Dr. Idayu 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum Kata kunci autis terapi sensori integrasi dan motorik kasar Salah satu terapi bagi anak autis adalah terapi sensori integrasi. Terapi sensorik integrasi banyak digunakan pada anak autis yang mengalami masalah sensorik. Salah satu masalah sensorik tersebut akan berakibat pada hambatan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak autis menggunakan terapi sensori integrasi dengan kegiatan berupa berjalan diatas garis. Rumusan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh terapi sensori integrasi terhadap kemampuan motorik kasar anak autis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian SSR (Single Subject Research). Desain A-B-A selama 12 sesi. Ada fase baseline awal (A) terdiri dari lima sesi fase intervensi (B) terdiri dari lima sesi dan baseline kedua (A ) dua sesi. Pengolahan data diukur dan dianalisis. Analisis data menggunakan visual grafik. Penelitian ini mengembangkan aspek kemampuan motorik kasar dengan subjek tunggal (satu anak autis). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terapi sensori integrasi terhadap kemampuan motorik kasar anak. Hal ini dibuktikan pada hasil fase intervensi lebih besar dari fase baseline. Penelitian ini menyimpulkan bahwa anak mampu melaksanakan kegiatan yang dikembangkan karena adanya bantuan intervensi kegiatan berjalan diatas garis dengan terapi sensori integrasi yang berpengaruh terhadap motorik kasar anak. Saran bagi guru saat mengajar anak autis baik autis ringan maupun berat dengan hambatan ada motorik kasarnya dapat menggunakan terapi sensori integrasi disertai dengan pengukuran dan jenis penilaiannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |