Pengaruh penggunaan permainan bowling terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V tunagrahita di SDLB Idayu II Malang / Putri Dwi Sari Apriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan permainan bowling terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V tunagrahita di SDLB Idayu II Malang / Putri Dwi Sari Apriani

Apriani, Putri Dwi Sari (2015) Pengaruh penggunaan permainan bowling terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V tunagrahita di SDLB Idayu II Malang / Putri Dwi Sari Apriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriani Putri D.S. 2015. Pengaruh Penggunaan Permainan Bowling Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas V Tunagrahita Di SDLB Idayu II Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata kunci Tunagrahita Keterampilan Berhitung Pengurangan Permainan Bowling Tunagrahita mengalami kesulitan pada proses pembelajaran khusunya pada materi operasi hitung dikarenakan perkembangan intelektual terhambat oleh keterbatasan IQ dan tahap operasional tahap akhir siswa beralih dari abstrak ke konkrit. Operasi hitung yang dimaksud adalah pembelajaran operasi hitung pengurangan bilangan 1-10. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang hal ini dikarenakan cara guru memberikan materi tidak menggunakan media yang konkrit sehingga siswa kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan. Penelitian ini dilakukan menyangkut tentang keterampilan berhitung pengurangan siswa kelas V tunagrahita di SDLB Idayu II Malang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan bowling terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V tunagrahita di SDLB Idayu II Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Reasearch (SSR) dengan model desain A-B-A dan menggunakan satuan ukur skor. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas V di SDLB Idayu II Malang pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan permainan bowling terhadap peningkatan keterampilan berhitung pengurangan sebagai target behavior. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan presentase overlap antara fase baseline-1 ke fase intervensi sebesar 20%. Perhitungan tersebut menyatakan intervensi memiliki pengaruh terhadap peningkatan target behavior karena presentase overlap berada dibawah 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan bowling yang diterapkan pada siswa tunagrahita kelas V memiliki pengaruh terhadap keterampilan berhitung pengurangan. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan keterampilan berhitung pengurangan pada saat sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa permainan bowling pengurangan bilangan 1-10. Adapun saran bagi sekolah dari hasil penelitian adalah guru dapat memberikan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item