Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 4 SDLB Kepanjen Malang / Rani Nirwanawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 4 SDLB Kepanjen Malang / Rani Nirwanawati

Nirwanawati, Rani (2015) Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 4 SDLB Kepanjen Malang / Rani Nirwanawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nirwanawati Rani. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu Kelas 4 SDLB Kepanjen Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M. Pd. M. Kes. (II) Drs. Usep Kustiawan M. Sn. Kata Kunci tunarungu media kartu kata bergambar penguasaan kosakata. Siswa tunarungu mengalami hambatan dalam perkembangan bahasa. Mereka kesulitan dalam memproduksi bunyi bahasa yang ada di sekitarnya. Hal tersebut menimbulkan masalah dalam belajar yaitu kurang memahami materi pelajaran karena keterbatasan perbendaharaan kosakata yang dimiliki. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengakomodasi keterbatasan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan pengamatan awal ditemukan bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi siswa tunarungu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa sebelum dan setelah menggunakan media kartu kata bergambar serta menganalisis pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 4 SDLB Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Subjek penelitian ini adalah NTH siswa tunarungu kelas 4 SDLB Kepanjen Malang yang berusia 15 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan tes tulis observasi dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan penguasaan kosakata sebagai target behavior. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan mean level pada fase baseline-1 (A1) sebesar 47 5 fase intervensi (B) sebesar 93 75 dan fase baseline-2 (A2) sebesar 92 91. Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar juga dibuktikan pada perhitungan persentase overlap pada fase baseline-1 (A1) ke fase intervensi (B) sebesar 0% yang berarti bahwa tidak terdapat tumpang tindih data karena tidak ada data poin fase intervensi (B) yang masuk dalam rentang batas atas dan batas bawah fase baseline-1 (A1). Perhitungan tersebut menyatakan bahwa intervensi memiliki pengaruh terhadap target behavior. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar memiliki pengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 4 SDLB. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan penguasaan kosakata siswa sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa penggunaan media kartu kata bergambar. Adapun saran bagi guru dari hasil penelitian ini adalah guru diharapkan dapat mengetahui karakteristik kebutuhan kelebihan dan kekurangan siswa sehingga dalam memberikan materi pelajaran dapat menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dan dapat mengakomodasi kebutuhan siswa dalam menerima dan mengolah informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8824

Actions (login required)

View Item View Item