Setyawan, Ovi Gumelar (2015) Pengaruh penggunaan media teka-teki silang bergambar terhadap penguiasaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV SLB YPLB B Kota Blitar / Ovi Gumelar Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyawan Ovi Gumelar. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Tunarungu Kelas IV SLB YPLB B Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata Kunci Teka-Teki Silang Bergambar Penguasaan Kosakata Tunarungu Tunarungu adalah peserta didik yang memiliki hambatan pendengaran. Dampak dari peserta didik yang mengalami hambatan pendengaran adalah minimnya pembendaharaan kata sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata. Kosakata yang dimaksud adalah pembelajaran kosakata hewan dan tumbuhan. Media teka-teki silang merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mempermudah penyampaian serta pemahaman kosakata pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) untuk mendeskripsikan pengusaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV SLB YPLB B Kota Blitarsebelum kondisi intervensi (2) untuk mendeskripsikan pengusaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV SLB YPLB B Kota Blitar setelah kondisi intervensi (3) untuk menganalisis pengaruh media teka-teki silang bergambar terhadap pengusaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV SLB YPLB B Kota Blitar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Reseach (SSR) dengan model A-B-A dan menggunakan satuan skor persentase. Subjek penelitian ini adalah peserta tunarungu NF berusia 10 tahun kelas VI SLB YPLB Kota Blitar pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media teka-teki silang bergambar sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan penguasaan kosakata. Keadaan ini ditunjukkan pada penilaian kemampuan mengerjakan soal penguasaan kosakata peserta didik tunarungu pada kondisi baseline-1 (A1) berkisar antara 48%-54% dan pada kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan menjadi 79%-99% kemudian pada kondisi kontrol yaitu baseline-2 (A2) menunjukkan skor 98%-99%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh media teka-teki silang bergambar yang diterapkan pada peserta didik kelas IV terhadap penguasaan kosakata. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase overlap B/A1 yang menunjukkan hasil 0% dan mengalami peningkatan penguasaan kosakata sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Adapun saran bagi sekolah dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menerapkan media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |