Penerapan pembelajaran project citizen dalam meningkatkan kemamp[uan berpikir siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI IPA 3 SMAN 1 Turen / Nisaa’u Fajrin Luthfiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran project citizen dalam meningkatkan kemamp[uan berpikir siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI IPA 3 SMAN 1 Turen / Nisaa’u Fajrin Luthfiani

Luthfiani, Nisaa'u Fajrin (2017) Penerapan pembelajaran project citizen dalam meningkatkan kemamp[uan berpikir siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI IPA 3 SMAN 1 Turen / Nisaa’u Fajrin Luthfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luthfiani.2017.Penerapan Pembelajaran Project Citizen Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Turen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum (II) Dra.Arbaiyah Prantiasih M.Si. Kata Kunci model pembelajaran project citizen dan kemampuan berpikir siswa. Peningkatan kemampuan berpikir siswa melalui penerapan model pembelajaran project citizen sebagai fokus perhatian ini bermula dari hasil pengalaman peneliti selama menjadi guru model dalam kegiatan Kajian Praktik Lapangan di SMAN 1 Turen. Peneliti mengamati bahwa terdapat beberapa kendala belajar yang dialami siswa selama kegiatan berlangsung. Kendala tersebut diantaranya siswa kurang aktif untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diajukan guru informasi yang diperoleh terbatas pada buku dan penjelasan yang disampaikan guru selain itu beberapa siswa masih ada yang terlihat mengantuk dan malas mengikuti pelajaran PPKn. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode tanya jawab ceramah dan penugasan dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga melalui metode tersebut pembelajaran PPKn masih belum memberikan pengalaman belajar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Oleh sebab itu perlu adanya strategi pembelajaran yang beroirentasi kepada kemampuan berpikir siswa yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Model pembelajaran project citizen merupakan model pembelajaran yang berbasis pada masalah dan lebih menekankan pada kemampuan peserta didik untuk berpartisipasi secara nalar serta penuh tanggung jawab. Melalui model pembelajaran project citizen dapat membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep dan materi pelajaran mengembangkan kemampuan berbagai informasi serta menarik kesimpulan dan memperoleh solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) menjelaskan proses pembelajaran project citizen untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir siswa melalui penerapan model pembelajaran project citizen (3) mengetahui tingkat kemampuan berpikir siswa setelah proses pembelajaran project citizen diterapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI IPA 3 SMAN 1 Turen dengan materi pokok yaitu kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Guru dalam penelitian ini berperan sebagai peneliti perencana pelaksana pengumpul data penganalisis data sekaligus sebagai pelapor hasil penelitian. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru siswa dan analisis hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project citizen dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui 6 langkah pembelajaran diantaranya (1) mengidentifikasi masalah masing-masing kelompok mengidentifikasi masalah yang ada di lingkungan sekitar mereka dengan disertai alasan yang logis (2) memilih masalah kelompok melakukan musyawarah atau voting untuk memilih masalah yang akan dikaji oleh kelas (3) mengumpulkan informasi kelompok mengumpulkan informasi selengkap mungkin dari berbagai sumber tentang masalah yang dibahas (4) mengembangkan portofolio informasi yang diperoleh dikembangkan ke dalam portofolio bagian tayangan dan dokumentasi yang berisi tentang pokok permasalahan data-data yang berhubungan dengan masalah dan gagasan untuk mengatasi masalah tersebut (5) menyajikan portofolio kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di hadapan para hadirin (6) refleksi pengalaman belajar siswa diajak mengevaluasi hal-hal yang telah dilakukan selama pembelajaran dan memberikan penguatan kepada siswa untuk tanggap terhadap masalah yang ada di lingkungan sekitar mereka. Rata-rata nilai kemampuan berpikir siswa yang terdiri dari kegiatan bertanya menjawab mengumpulkan informasi dan uji kompetensi sebelum diterapkannya model pembelajaran project citizen menunjukkan nilai 74 8. Pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan dilakukan dengan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil rata-rata nilai kemampuan berpikir siswa tersebut maka diterapkan model pembelajaran project citizen untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Penerapan model pembelajaran tersebut menggunakan dua kali siklus untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir siswa yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa 75 8 dan pada siklus II rata-rata nilai siswa 86 6. Penerapan model pembelajaran project citizen tersebut terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa. ABSTRACT Luthfiani. 2017. The implementation of Citizen Project Learning In Improving Students Thinking Skills Civics At Class XI IPA 3 Of SMAN 1 Turen. Thesis. Study Program Pancasila and Civic Education Department of Law and Citizenship Faculty of Social Science State University of Malang. Supervisors (I) Siti Awaliyah S. Pd M. Hum (II) Dra.Arbaiyah Prantiasih M.Sc. Keywords project citizen learning model and students thinking ability. Improving students thinking skills through the implementation of project citizen learning model as the focus of attention was derived from the experience of researchers during field practice in SMAN 1 Turen. Researchers discovered some obstacles of learning experienced by students during the activity such as limited access of information and resources unmotivated and less active students in following Civics lesson. These were caused by the traditional method of teaching including question and answer lectures and assignments applied in delivering material. Consequently a learning experience aiming to enhance students thinking skills was not achieved. Therefore a learning strategies oriented to students thinking skills which is based on the values of Pancasila is required. The citizen project learning model is a problem based learning model putting more emphasis on the ability of learners to logically and responsibly participate in the learning activities. The citizen project learning model can assist students to develop an understanding of concepts and subject matter develop the ability of various information and draw conclusions and obtain the solution of the problems they face. Therefore the purpose of this study includes (1) describing the project citizen learning process to improve students thinking skills (2) increasing students thinking skills through the implementation of project citizen learning models (3) determining the level of students thinking skills after the implementation of project citizen learning process. This study used classroom action research conducted in XI IPA 3 grader of SMAN 1 Turen with violation of rights and the disobedience of civic duty as the main materials. Teacher in this study served as researcher planner implementer data collector data analyst as well as the reporter of research results. Data were obtained from the observation of activities of teachers students and analysis of student learning outcomes. Based on these results it can be concluded that the implementation of project citizen learning models improved students thinking skills through a 6-step learning process including (1) identifying the problem each group identify the problems that exist in the environment around them accompanied by a logical reason (2) choosing the problem the group performs the deliberation or vote for the matter to be reviewed by the class (3) collecting information the group collect as many information as possible from various sources on the issues discussed (4) developing a portfolio the information obtained is developed in the portfolio of documentation section containing the core problem the data related to the problem and the idea to solve the problem (5) presents a portfolio the group present their work in front of the audience (6) reflecting learning experience students are invited to evaluate things that have been done during the learning activity and provide reinforcement to the students to be responsive toward the problems that exist in their surrounding environment. 74 8 was the average score of students thinking skill covering asking-answering activity collecting information and competence testing before the implementation of project citizen learning model. The previous teaching learning activity was executed by conventional method i.e. lecturing and question and answer activity. Therefore to improve students thinking skill the project citizen learning model was implemented. The implementation employed two cycles in order to understand the level of students thinking skill namely cycle I and cycle II where the students average score was 75 8 and 86 6 respectively. To sum up the implementation of project citizen learning project had successfully improve students thinking skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88218

Actions (login required)

View Item View Item