Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa tunarunggu kelas VII SMPLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Susi Nur Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa tunarunggu kelas VII SMPLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Susi Nur Wahyuningsih

Wahyuningsih, Susi Nur (2015) Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa tunarunggu kelas VII SMPLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Susi Nur Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Susi N. 2015. PengaruhPenggunaan Media Gambar Seri TerhadapKemampuanMenulisKaranganNarasiSiswaTunarunguKelas VII SMPLB KemalaBhayangkariTrenggalek.Skripsi Jurusan S1 PendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Efendi M. Pd. M. Kes (II) Dra. WiwikDwiHastuti M. Pd. Kata Kunci KemampuanMenulisKaranganNarasi Media Gambar Seri SiswaTunarungu. Siswatunarunguadalahmereka yang memilikihambatandalampendengarandanaspekberbahasa.Kemampuanmenulissiswatunarungumengalamihambatandalammenyusunsuatukalimatdanbahkansulituntukmenuangkan ide pikirankedalamsuatutulisan. Salah satucarauntukmemecahkanmasalahsiswatunarungudalammenyusunsuatukalimatdalammembuatsuatukarangan yaitudenganmenggunakan media gambarseri. Gambarserimerupakangambar yang disusunsecaraberurutan sehinggamemudahkansiswa terutamasiswatunarunguuntukmembantumenuangkan ide pikiranmerekakedalamsuatukarangan. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1) bagaimanakemampuanmenuliskarangannarasipadasiswatunarungusebelummenggunakan media gambarseri (2) bagaimanakemampuanmenuliskarangannarasipadasiswatunarungusesudahmenggunakan media gambarseri (3) apakahterdapatpengaruhpenggunaan media gambarseridalamkemampuanmenuliskarangannarasipadasiswatunarungu. PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasi Eksperimenataueksperimensemudengan model satukelompok(one group pre-test post-test design).Teknikpengumpulan data yang dilakukanyaitudenganobservasiuntukmengetahuikemampuanawalsiswa pre-test danpost-test Hasilpenelitian yang telahdilaksanakanterhadapakemampuanmenuliskarangannarasisiswatunarungumenunjukkannilai rata-rata pre-test yaitu 41 8 dannilai rata-rata darihasilpost-test yaitu 75 71. Hasilanalisisujiz_(hitung ) 3 menunjukkan bahwa nilai z_(hitung 8805 1 96)maka Ho ditolakdan Ha diterima.Artinyaterdapatpengaruhpenggunaan media gambarseriterhadapkemampuanmenuliskarangannarasisiswatunarungukelas VII SMPLB KemalaBhayangkariTreanggalek. Kesimpulandarihasilpenelitian yang menggunakanmetodepenelitianquasi eksperimendengan model one group design terdapatpengaruhterhadapkemampuanmenuliskarangannarasisiswatunarungukelasVII SMLPB KemalaBhayangkariTrenggalekdenganmenggunakan media gambarseri.Saran yang diberikapenelitiadalahuntukpihaksekolah (bersama guru) agar dalampelaksanaanpembelajarandisekolahlebihditingkatkanlagidenganmenggunakanberbagai media yang lebihinteraktifdankomunikatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8820

Actions (login required)

View Item View Item