Pengembangan permainan teka-teki silang sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas VII semester 1 tunarunggu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Sufi Jamilatu Nur Arofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan teka-teki silang sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas VII semester 1 tunarunggu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Sufi Jamilatu Nur Arofah

Arofah, Sufi Jamilatu Nur (2015) Pengembangan permainan teka-teki silang sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas VII semester 1 tunarunggu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Sufi Jamilatu Nur Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arofah Sufi Jamilatu Nur. 2015. Pengembangan Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Semester 1 Tunarungu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dra. Sudarsini M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Teka-Teki Silang Bahasa Inggris Tunarungu Permainan teka-teki silang merupakan salah satu permainan mengasah otak yang menggunakan kata-kata. Penggunaan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa memiliki keunggulan yaitu membantu membangun keberagaman kosakata dan membantu memperbaiki penggunaan ejaan. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan permainan teka-teki silang sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Mengembangkan permainan teka-teki silang untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk semester 1 kelas VII tunarungu yang diuji valid dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Penelitian dan pengembangan ini adalah metode R D yang dikemukakan oleh Sugiyono (2013 409) yang dimodifikasi. Tahap pengembangan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) tahap analisis masalah (2) tahap pengumpulan data (3) tahap desain produk (4) tahap validasi desain (5) tahap uji coba produk (6) tahap revisi produk dan (7) produksi masal. Data penelitian dan pengembangan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran yang diperoleh dari validator produk untuk keperluan revisi produk. Data kuantitatif berupa data skor hasil validasi permainan teka-teki silang dan data uji coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk ahli materi ahli media dan siswa sebagai subyek uji coba kelompok kecil serta soal untuk pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 90% hasil validasi dari ahli media sebesar 80.7% dan dari siswa sebesar 92.7%. Rata-rata keseluruhan skor hasil validasi dari tiga subyek uji coba adalah sebesar 87.8%. Hal ini menunjukkan bahwa permainan teka-teki silang secara umum sudah termasuk dalam kriteria valid atau layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran sebesar 40.7% serta jumlah siswa yang memenuhi standar penilaian mencapai 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan teka-teki silang yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan teka-teki silang yang dikembangkan telah terbukti valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas VII tunarungu. Akan tetapi revisi tetap diperlukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan sehingga akan semakin membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item