Pengembangan tutorial pembelajaran operasi hitung berbasis teknologi informasi untuk siswa kelas V tunagrahita SLB Putra mandiri Tulungagung / Renny Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tutorial pembelajaran operasi hitung berbasis teknologi informasi untuk siswa kelas V tunagrahita SLB Putra mandiri Tulungagung / Renny Sulistyowati

Sulistyowati, Renny (2015) Pengembangan tutorial pembelajaran operasi hitung berbasis teknologi informasi untuk siswa kelas V tunagrahita SLB Putra mandiri Tulungagung / Renny Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyowati Renny. 2015. Pengembangan Tutoril Pembelajaran operasi Hitung Berbasis Teknologi Informasi Untuk Siswa Kelas V Tunagrahita Di SLB Putra Mandiri Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata Kunci Pengembangan Tutorial Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Operasi Hitung Tunagrahita Tutorial pembelajaran berbasis teknologi informasi merupakan tampilan materi yang ditayangkan dalam membantu memahamkan siswa dalam sebuah materi. Latar belakang pengembangan tutorial ini adalah kesulitan siswa tunagrahita dalam memahami konsep yang bersifat abstrak khususnya matematika. Materi yang peneliti pilih adalah operasi hitung karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi ini. Peneliti menyusun penelitian dan pengembangan dengan tujuan mengembangkan tutorial pembelajaran berbasis teknologi informasi operasi hitung untuk siswa SLB kelas V Tunagrahita. model yang peneliti adaptasi adalah model pengembangan Hannafin dan Peck yaitu (1) tahap analisis kebutuhan (2) tahap analisis desain (3) tahap pengembangan dan implementasi Hasil pengembangan yang dihasilkan berupa tutorial pembelajaran. Tiga kriteria penentu hasil kualitas tutorial yang baik adalah berdasarkan tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif. Validasi media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Ahli materi adalah berasal dari guru matematika SLB Putra Mandiri. Sedangkan ahli media adalah dosen PLB khusus Tunagrahita. uji coba terbatas dilakukan untuk uji keefektifan dan kepraktisan media yang melibatkan enam siswa kelas V SLB Putra Mandiri Tulungagung. Berdasarkan hasil validasi dengan skala 1-4 diperoleh nilai rata-rata 3 5 untuk validitas materi dan 3 2 untuk validitas media. Berdasarkan penilaian umum validator menyatakan media tutorial pembelajaran berbasis teknologi informasi ini dapat digunakan dengan sedikit revisi. Dari uji coba diperoleh hasil presentase jawaban benar siswa 100% yang berarti media dapat dikatakan praktis. Semua siswa dinyatakan tuntas dengan nilai 100. Respon siswa terhadap media sebesar 85% sehingga media tutorial pembelajaran operasi hitung berbasis teknologi informasi ini memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item