Wulandari, Yesi Oktavia Ayu (2015) Pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SDLB C YPLB Blitar / Yesi Oktavia Ayu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Yesi Oktavia Ayu. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Tunagrahita Kelas II DI SDLB C YPLB Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Efendi M.Pd M.Kes. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata Kunci Media Kartu Huruf Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita Anak tunagrahita adalah merupakan anak yang memiliki taraf kecerdasan yang rendah serta mengalami hambatan dalam bidang akademik dan non akademik dalam kehidupan salah satunya kemampuan menulis permulaan sehingga diperlukan media untuk membantu mengatasi masalah menulis permulaan. Salah satu media yang digunakan membantu menulis permulaan adalah media kartu huruf. Media kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan kertas tebal berbentuk persegi panjang sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitakelas II di SDLB C YPLB Blitarsebelumdansetelahmenggunakan media kartuhuruf sertauntukmenganalisispengaruhpenggunaan media kartuhurufterhadapkemampuanmenulispermulaansiswakelas II di SDLB C YPLB Blitar. Penelitian ini menggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodeeksperimen menggunakandesainQuasi Experiment atau eksperimen semu dengan model satu kelompok Pre-test Post-test (One Group Pre-test Post-test Design).Instrumen yang digunakanberupates.Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi melakukan pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji tanda (sign test). Berdasarkanhasildarianalisis data diperolehsebelummenggunakan media kartuhuruf kemampuanmenulispermulaansiswadikategorikankurang.Hasil yang rata-rata nilaipre-testsebesar 47.Setelahmenggunakan media kartuhuruf terjadipeningkatankemampuanmenulispermulaandaripadasebelummenggunakan media kartuhuruf.Hasil rata-rata nilaipost-test yang lebihtinggiyaitusebesar 82. Kesimpulandaripenelitian sebelummenggunakanmedia kartu huruf kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita banyak terjadi kesalahan pada penulisan bentuk huruf penggantian atau penghilangan beberapa huruf. Setelah menggunakan media kartu huruf kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita menjadi lebih meningkat penulisan bentuk huruf yang sudah tepat serta kerapian penulisan yang baik. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pihak sekolahmedia kartu huruf dapat dijadikan media alternatif dalam program pembelajaran individual. Guru kelas dapat menjadikan media kartu huruf sebagai media untuk pembelajaran menulis permulaan. Bagi peneliti selanjutnya adanya penelitian lanjutan yang membahas kemampuan menulis permulaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |