Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita kelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun / Septina Tria Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita kelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun / Septina Tria Pratiwi

Pratiwi, Septina Tria (2015) Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita kelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun / Septina Tria Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Septina Tria. 2015. Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Peserta Didik Tunagrahita Kelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. Kata Kunci permainan congklak operasi hitung penjumlahan tunagrahita ringan Dalam proses pembelajaran matematika dikelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun diperoleh informasi bahwa peserta didik tunagrahita mengalami kesulitan untuk memahami konsep penjumlahan bilangan dengan hasil angka sampai 20. Dalam proses pembelajaran peran guru mendominasi sehingga siswa kurang aktif dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada kondisi baseline. (2) Mendeskrisikan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada kondisi intervensi (3) Mendeskripsikan pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun. Penelitian ini menggunakan metode Single Subjeck Research (SSR) dengan rancangan penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data meliputi test observasi dan lembar penilaian. Penelitian dilaksanakan selama 17 sesi yang setiap harinya dilaksanakan 1 sesi selama 40 menit. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB Negeri Karangrejo Madiun. Pengumpulan data yang digunakan adalah soal test observasi dan lembar penilaian. Tahap analisis data menggunakan analisis metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh intervensi atau pemberian perlakuan kepada target behavior terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan 1-20 peserta didik tunagrahita. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor yang mengalami peningkatan dan stabil. Pada kondisi baseline 1 (A-1) mengalami peningkatan 10% pada kondisi intervensi mengalami peningkatan 15% dan pada kondisi baseline 2 (A-2) mengalami peningkatan 5%. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan. Kemampuan operasi hitung penjumlahan 1-20 peserta didik tunagrahita pada kondisi baseline 1 (A-1) intervensi (B) dan baseline 2 (A-2) mengalami peningkatan nilai yang tidak terlalu signifikan dan stabil karena skor yang diperoleh tidak terpaut jauh. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru kepala sekolah dan siswa diharapkan mampu menerapkan media congklak dalam pembelajaran matematika khususnya penjumlahan agar pembelajaran menarik dan aktif. Peneliti lain diharapkan dapat memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan media congklak agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item