Pengaruh pendekatan komunikasi total terhadap kemampuan menceritakan kembali isi bacaan siswa tunarunggu kelas 3 di SDLB Kepanjen Malang / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan komunikasi total terhadap kemampuan menceritakan kembali isi bacaan siswa tunarunggu kelas 3 di SDLB Kepanjen Malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2015) Pengaruh pendekatan komunikasi total terhadap kemampuan menceritakan kembali isi bacaan siswa tunarunggu kelas 3 di SDLB Kepanjen Malang / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotimah Khusnul. 2015. Pengaruh Pendekatan Komunikasi Total Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Bacaan Siswa Tunarungu Kelas 3 di SDLB Kepanjen Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S. Pd. M. Pd. (II) Drs. Abdul Huda M. Pd. Kata Kunci tunarungu komunikasi total kemampuan menceritakan kembali isi bacaan Tunarungu adalah siswa dengan hambatan pendengaran dan biasanya diikuti hambatan dalam berbicara akibat dari tidak berfungsinya organ dengarnya sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus dalam pembelajarannya. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran khusus yang dapat digunakan dalam pembelajaran siswa tunarungu untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan lebih khususnya kemampuan menceritakan kembali isi bacaan yaitu dengan pendekatan komunikasi total. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pendekatan komunikasi total pada pengajaran menceritakan kembali isi bacaan siswa tunarungu kelas 3 di SDLB Kepanjen Malang dan untuk mengetahui pengaruh pendekatan komunikasi total terhadap kemampuan menceritakan kembali isi bacaan siswa tunarungu kelas 3 di SDLB Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Subjek penelitian ini yaitu YAH seorang siswa tunarungu di SDLB Kepanjen Malang yang memiliki hambatan dalam menceritakan kembali isi bacaan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekata komunikasi total. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara bahan bacaan lembar penilaian lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen divalidasi dengan menggunakan teknik expert judgement. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik dalam kondisi dan analisi visual antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pendekatan komunikasi total terhadap kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Keadaan ini ditunjukkan pada penilaian kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada fase baseline (A1) berkisar antara 60% sampai dengan 65% pada fase intervensi (B) berkisar antara 80% sampai dengan 90% dan pada fase baseline ke 2 (A2) berkisar antara 85% sampai dengan 87 5%. Hal ini juga ditunjukkan dengan perhitungan overlap fase baseline (A1) ke fase intervensi (B) yaitu sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan intervensi memiliki pengaruh terhadap peningkatan terget behavior. Kesimpulan dari penelitian ini 1) kemampuan menceritakan kembali isi bacaan siswa tunarungu pada fase baseline masih rendah dan membutuhkan intervensi 2) kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada fase intervensi mengalami kenaikan akibat adanya intervensi dan 3) pendekatan komunikasi total yang diterapkan pada siswa tunarungu kelas 3 memiliki pengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada saat sebelum dan setelah diberi intervensi. Saran bagi guru dari hasil penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan pembelajaran tunarungu dengan pendekatan komunikasi total.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item