Pengembangan media audio pembelajaran mata pelajaran shiatsu untuk tunanetra kelas dasar di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Budi Mulya Malang / Dewi Wahyuning Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audio pembelajaran mata pelajaran shiatsu untuk tunanetra kelas dasar di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Budi Mulya Malang / Dewi Wahyuning Hikmah

UNSPECIFIED (2009) Pengembangan media audio pembelajaran mata pelajaran shiatsu untuk tunanetra kelas dasar di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Budi Mulya Malang / Dewi Wahyuning Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media audio pembelajaran merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Media audio pembelajaran mampu menyajikan pesan pembelajaran yang inovatif kreatif dan menarik bagi siswa Tunanetra. Berdasarkan hasil observasi di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Budi Mulya Malang dalam pembelajaran Shiatsu selama ini menggunakan metode ceramah. Untuk itu pengembang membuat alternatif pemecahan masalah melalui upaya pengembangan media audio rekaman sebagai media pembelajaran. Pengembangan media audio pembelajaran bertujuan 1) mengatasi kesulitan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran secara jelas/konkrit 2) memudahkan siswa tunanetra dalam menerima dan menangkap materi pelajaran Shiatsu secara jelas/konkrit dan mempertahankan daya ingatannya 3) membantu guru dalam proses belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Kegiatan pengembangan meliputi validasi ahli media ahli materi responden siswa dan subyek uji coba pengembangan media audio pembelajaran Shiatsu dengan menggunakan siswa Panti Rehabilitasi Cacat Netra Budi Mulya Malang Kelas Dasar Semester 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi dan responden. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan perbedaan mean dengan uji t (t-test) Hasil validasi media audio pembelajaran menunjukkan ahli media memenuhi kriteria valid ahli materi memenuhi kriteria valid dan audien memenuhi kriteria valid. Sedangkan uji t (t-test) perseorangan menghasilkan thitung (6 99) ttabel (4 30) kelompok kecil menghasilkan thitung (6 39) ttabel (2 78) kelompok klasikal menghasilkan thitung (5 44) ttabel (2 11). Hasil ini menunjukkan ada kemajuan prestasi belajar siswa sebelum menggunakan media audio pembelajaran dan sesudah menggunakan media audio pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan jelas/konkrit dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item