Peningkatan hasil belajar mengenal bilangan melalui pemanfaatan media kartu doremi pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri Kendalrejo Blitar / Agung Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar mengenal bilangan melalui pemanfaatan media kartu doremi pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri Kendalrejo Blitar / Agung Wijaya

Wijaya, Agung (2015) Peningkatan hasil belajar mengenal bilangan melalui pemanfaatan media kartu doremi pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri Kendalrejo Blitar / Agung Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Agung. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Bilangan Melalui Pemanfaatan Media Kartu Doremi Pada Siswa Tunagrahita Kelas II SDLB Negeri Kendalrejo Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd (II) Drs. Abdul Huda M.Pd Kata Kunci Mengenal Bilangan Media Kartu Doremi Tunagrahita Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SDLB Negeri Kendalrejo Blitar diketahui bahwa hasil belajar matematika mengenal bilangan 1-10 sebagian besar siswa kelas II masih relatif rendah. Selama pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan jari tangan untuk menjelaskan materi bilangan. Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dalam aktifitas belajar guru menjelaskan materi secara lisan tertulis dipapan tulis hanya terpaku pada buku teks kemudian memberikan tugas menyalin. Siswa terlihat kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Ketercapaian hasil belajar siswa mengenal bilangan masih relatif rendah ditunjukkan dengan data sebagai berikut dari jumlah siswa sebanyak 6 siswa yang mendapatkan nilai 8805 65 adalah sebanyak 1 siswa dengan persentase 16 6 % dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65 adalah sebanyak 5 siswa dengan persentase 83 4 %. Nilai rata-rata kelas hanya 48 3. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pemanfaatan media kartu doremi yang dapat meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan siswa kelas II SDLB Negeri Kendalrejo Blitar dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mengenal bilangan melalui pemanfaatan media kartu doremi pada siswa tunagrahita kelas II SDLB C Kendalrejo Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dari masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian pratindakan diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 48 3 dengan ketuntasan belajar kelas 16 6% siklus I diperoleh hasil nilai rata-rata kelas mencapai 63 3 dengan ketuntasan belajar kelas 50%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil nilai rata-rata kelas mencapai 78 33 dengan ketuntasan belajar kelas 83 4%. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 65 ketuntasan belajar kelas 70%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan media kartu doremi hasil belajar mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri Kendalrejo Blitar dapat ditingkatkan Agar persiapan pembelajaran lebih matang mudah dalam mengkondisikan kelas dan pembelajaran tidak membuat siswa jenuh maka guru sebaiknya menyiapkan materi-materi yang akan diajarkan terlebih dahulu dan menggunakan permainan untuk mengalihkan sejenak perhatian siswa setelah itu baru difokuskan perhatian siswa pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item