Pengembangan buku cerita pop-up "Saya Pintar Membaca" untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunarunggu kelas 2 SDLB Eka Mandiri Batu / Faridah Ratnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita pop-up "Saya Pintar Membaca" untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunarunggu kelas 2 SDLB Eka Mandiri Batu / Faridah Ratnawati

Ratnawati, Faridah (2015) Pengembangan buku cerita pop-up "Saya Pintar Membaca" untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunarunggu kelas 2 SDLB Eka Mandiri Batu / Faridah Ratnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnawati Faridah. 2015. PengembanganBukuCeritaPop-Up SayaPintarMembaca untukMeningkatkanKemampuanMembacaPermulaanSiswaTunarunguKelas 2 SDLB EkaMandiriBatu. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Drs. Ir. EndroWahyuno M. Si. Kata kunci BukuCeritaPop-Up Tunarungu MembacaPermulaan Anaktunarungumengalamihambatandalamaspekbahasa.Salahsatunyadalamkemampuanmembaca.Kondisitersebutmerupakandampakdarikurangnyaasupanbahasa yang dimilikianak sehinggamenyebabkananakkesulitandalammengaksesbahasa.Permasalahananaktunarungu yang mengalamikesulitandalammembacapermulaan perlumendapatpenaganan yang tepat agar kesulitantersebutdapatteratasisedinimungkin. Berdasarkanhasilobsevasi yang dilakukanmelaluiangketdanpengamatanlangsungkepadasiswatunarungukelas 2 SDLB EkaMandiriBatu diperoleh data sebagaiberikut (1) kemampuanmembacapermulaansiswamasihrendah (2) media pembelajaranmembacapermulaankurangefektif dan(3) siswamembutuhkanbukumembacapermulaan yang menarik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkanbukuCeritaPop-Up SayaPintarMembaca untukMeningkatkanKemampuanMembacaPermulaanSiswaTunarunguKelas 2 SDLB EkaMandiriBatu. Pengembanganbukuinimengadaptasi 10 langkah-langkah dari Borg dan Gall. Tetapipadapenelitianini 10 langkahtersebutdirangkumhanyamenjadi 4 langkah-langkahyaitu (1) prosedurprapengembangan (2) tahappengembangan (3) tahapujicobaproduk dan (4) tahaprevisiproduk. Subyekujicobaprodukpadapenelitianiniadalahahli media ahlimateri praktisi (guru) dan 4 siswatunarungkelas 2 SDLB EkaMandiri Batu. HasilpengembanganbukuceritaPop-Upsayapintarmembacauntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaansiswatunarungukelas 2SDLB EkaMandiri Batu diperoleh data sebagaiberikut (1) validasiahli media skor 92% (sangatlayak) (2) validasiahlimateri 88% (sangatlayak) (3) validasiahlipraktisi (guru) 92%(sangatlayak) dan (4) ujicobasiswahasil rata-rata 85% (sangatlayak). HasilpengembangansecarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwaprodukbukuceritaPop-Up SayaPintarMembaca layakmenjadi media pembelajaran yang bisa meningkatkankemampuanmembacapermulaansiswa. Berdasarkanhasilpenelitiantersebut makasaran yang diajukanadalah (1) guru hendaknyamampumemberikanlatihanuntukmembaca agar siswalebihcepat bisa membaca (2) penelitiselanjutnyahendaknyamengembangkanpanduandalamberbagaikompetensipembelajaran dan memperbanyakkeragamansubyekpenelitian dan wilayahpenelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item