Pembentukan kedisiplinan siswa melalui kegiatan Pasukan Khusus di SMAN 1 Trenggalek / Rina Wahyu Issusilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan kedisiplinan siswa melalui kegiatan Pasukan Khusus di SMAN 1 Trenggalek / Rina Wahyu Issusilowati

Issusilowati, Rina Wahyu (2016) Pembentukan kedisiplinan siswa melalui kegiatan Pasukan Khusus di SMAN 1 Trenggalek / Rina Wahyu Issusilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Issusilowati RinaWahyu.2015. PembentukanKedisiplinanSiswaMelaluiKegiatanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalek.Skripsi.Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan JurusanHukum Dan Kewarganegaraan FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. H Suparman AW S.H M.Hum (II) Rusdianto Umar S.H M.Hum. Kata Kunci Pembentukan Kedisiplinan PasukanKhusus Di lingkungansekolahbanyakditemukankebiasaan-kebiasaanbelajar yangkurangbaik sepertibelajarhanyapadasaatakhir semester sajaatauhanyauntukmengadugengsisaja denganadanyahalitupembinaankedisiplinansiswaharusdiperbaiki (Dimyati Mudjiono 2013 246). Melihattingkahlakusiswa yang semakinmenjauhisikapdisiplin makaperludiadakanpembiasaankedisiplinan di lingkungansekolah.Pembiasaannilaikedisiplinan yang terkandungdalampendidikankarakterdapat di perolehmelaluikegiatan-kegiatanpengembangansiswasepertiOrganisasi Intra Sekolah (OSIS) kepramukaan PalangMerahRemaja (PMR)danEktrakurikuler yang ada di sekolah. Suparlan (2012 159) menjelaskanbahwasekolahdapatmelaksanakanpendidikankarakterdenganmengembangkanbeberapakegiatan yang inovatifdankreatif.Salah satudarikegiatansiswa yang ada di sekolahadalah PASSUS Pasukankhusus .Kegiatanpasukankhususdiharapkanbergunauntukmeningkatkankedisiplinansiswadanmenjadikanpeloporkedisiplinansiswasertamemberikanbekalsiswa di kemudianuntukbisaselalubersikapdisiplindimanapunsiswaberada di lingkungankeluarga masyarakatdansekolahan. Penelitianbertujuanuntuk (1) mengetahuitujuandaripembentukanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalek (2) mengetahuiproses pelaksanaanpembentukankedisiplinanmelaluikegiatanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalek (3) faktorpenghambatpelaksanaanpembentukankedisiplinansiswamelaluikegiatanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalek (4) mengetahuiupayasekolahuntukmengatasihambatansaatmelaksanakanpembentukankedisiplinansiswamelaluikegiatanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalek. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.PendekatandeskriptifkualitatifdipiliholehpenelitikarenapenelitiinginmengetahuilangsunggambaranPembentukanKedisiplinanSiswamelaluiKegiatanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalek.Sumber data primer dalampenelitianiniadalahhasilwawancaradarinarasumberpembimbingPasukanKhusus Guru PPKndanSiswa SMAN 1 Trenggalek.SedangkanSumber data sekuderdalampenelitianiniadalahdokumen yang terkaitdenganPembentukankedisiplinansiswamelaluikegiatanPasukanKhusus.).Dalampenelitianininarasumber yang akandiwawancaraiadalah Pembina PasukanKhusus Guru PPKndanSiswa SMAN 1 Trenggalek. Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi wawancara dandokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data menggunakan model interaktifmenurut Miles yaitumelalui proses reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitian yang diperolehdaripenelitianiniadalah (1) TujuandaripembentukanPasukanKhusus di SMAN 1 TrenggalekadalahuntukwadahaspirasisiswagunamembangunpotensisiswadalammengembangkankeimanandanketakwaankepadaTuhan Yang MahaEsa berbudipekertiluhur bermoral kuat mental sosial intelektual emosionaldanfisik. (2) .Kegiatanpasukankhususrutin yang dapatdijadikanindikatorsikapdisiplinadalahkegiatan yang dilaksankanrutinsetiapmingguyaitumenjadipetugasupacarabenderadanlatihanrutinPasukankhusus.Saatmenjadipetugasupacarabenderakedisiplinanberjalandenganbaik.Tetapisebaliknyasaatpelatihanrutinkedisiplinanmasihharusditingkatkanlagiterutamadisiplinwaktudanatribut yang digunakanmasihbelumsesuaidenganketentuan yang sudahdisepakatibersama.(3) . Hambatan yang dialamidalampembentukankedisiplinanadalahadanyapelatihan semi militer yang bergunauntukpembentukanfisikdan mental tetapi yang ditakutkanakanberdampakterjadinyabullying. Hambatan yang keduaadalahbelummeratanyakegiatan yang dilakukanPasukanKhusussehinggakegiatanhanyamempunyaisasarananggotaPasukankhusussajabelumkesemuasiswa SMAN 1 Trenggalek.Hambatan yang ketigaadalahbelumadajadwalpastiuntuklatihanrutinPasukanKhusussehinggamenimbulkan miss komunikasiantaranggotaPasukanKhusus. (4) upayapihaksekolahuntukmengatasihambatan yang pertamadengancaramemberikankontrolpenuhterhadappelaksanaankegiatanPasukanKhususdanmemberikanpemateridariinstansiterkait UpayakeduaadalahdiadakannyarancangankegiatanbaruyaituuntukmewajibkansiswamenjadianggotaPasukankhususdanmemberikankegiatan yang berpengaruhlangsungkepadasemuasiswa SMAN 1 Trenggalek. Upayaketigaadalahdenganmenetapkanjadwallatihan yang pastisehinggabisameminimalisirterjadinya miss komunikasiantarangotaPasukanKhusus. Berdasarkananalisis data yang telahdilakukanolehpenelitimakaadabeberapa saran yang berhubungandenganPembentukanKedisiplinansiswamelaluikegiatanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggalekyaitu (1) PelaksanaanTujuanPembentukanPasukanKhusus di SMAN 1 Trenggaleksudahbagusdapatterlaksanadenganbaikdiharapkandapatditingkatkanlagi. NamunalangkahbaiknyajikaTujuanPasukanKhusussesuaidenganEktrakulikuler yang disetujuiDiktiyaituektrakulikuler PKS (2) Proses pelaksanaankegiatanPasukanKhusussudahterlaksanadenganbaik tetapiseharusnyakegiatanPasukanKhususlebihdiperbanyaklagiuntukmeningkatkankedisiplinandankegiatanjugaharusmenyangkutsemuasiswatidakhanyaanggotaPasukanKhusussaja yang diikutsertakan.(3) UntukmeminimalisirterjadinyahambatansebaiknyasekolahmemberikankontrolpenuhterhadapkegiatanPasukanKhususdanmengevaluasijalannyakegiatan sehinggapihaksekolahmengetahuimana yang harusdiperbaikidalamkegiatanPasukanKhusus.(4) Untukupayadalammengatasihambatanseharusnyapihaksekolahsegeramelaksanakankegiatan yang sudah di rancang bukanmasihdalambentukrancangan yang belumjelaskapanbisaterlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88060

Actions (login required)

View Item View Item