Wahyuningtyas, Lestari (2015) Pengaruh metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman bacaan fiksi siswa tunarunggu kelas VIII di SMPLB Negeri Malang / Lestari Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuningtyas Lestari. 2015. PengaruhMetodeRole playingTerhadapKemampuanMembacaPemahamanBacaanFiksiSiswaTunarunguKelas VIII Di SMPLB Negeri Malang. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Efendi M.Pd M.Kes (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum Kata Kunci role playing membacapemahaman tunarungu Membacamerupakan proses mengkontruksimaknabacaan. Tidaksemuamanusiamampumerekonstruksiinformasi yang terdapatdalambacaansebagaisuatuupayauntukmengolahinformasidenganbaik.Anaktunarungukesulitanuntukmenangkapkeseluruanmaknasuatubacaankarenakosakata yang merekamilikisangatlahterbatas.Terkadangmerekajugasalahdalammempersepsikansuatu kata.Olehkarenaitu anaktunarungumengalamikesulitanketikamerekaharusmengungkapkaninformasidaribacaan yang telahmerekabaca. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmembacapemahamanbacaanfiksisiswatunarungukelas VIII di SMPLB Negeri Malang sebelumdansesudahditerapkanmetoderole playing sertamendeskripsikanpengaruhmetoderole playingterhadapkemampuanmembacapemahamanbacaanfiksisiswatunarungukelas VIII di SMPLB Negeri Malang. PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodeSingle SubyekReserch (SSR) desain A-B-A.Sesuaiprosedurpenelitiandesain A-B-A makapenelitianakandilaksanakandengantahappengukuranbaseline-1 intervensi danbaseline-2. Instrumen yang digunakanberupatestulis.Kegiatananalisis data dimulaidaritahapanalisisdalamkondisidananalisisantarkondisi. Berdasarkananalisis data diperolehhasilsebagaiberikut.Padafasebaseline-1 mean level sebesar 52 50 yang menunjukkankemampuanmembacapemahamanbacaanfiksisiswarendah. Padafaseintervensimean level sebesar 69 64 yang menunjukkankemampuanmembacapemahamanbacaanfiksimeningkatdibandingkandenganmean level di fasebaseline-1. Padafasebaseline-2 mean level sebesar53 75 yang menunjukkankemampuanmembacapemahamanbacaanfiksimenurunkembali. Persentaseoverlapatau data yang tumpangtindihpadabaseline-1 keintervensiadalah 0%. Hal iniberartiintervensimemberikanpengaruhpositifterhadap target behavior karenasemakinkeciloverlapmakaakansemakinbaikpengaruhnya. Kesimpulandaripenelitianiniadalahintervensi yang berupametoderole playingdapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamanbacaanfiksisiswatunarungukelas VIII di SMPLB Negeri Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8804 |
Actions (login required)
View Item |