Pemanfaatan media kereta huruf untuk meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak tunagrahita kelas II di SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar / Aditya Dwi Taufikul Adha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kereta huruf untuk meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak tunagrahita kelas II di SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar / Aditya Dwi Taufikul Adha

Adha, Aditya Dwi Taufikul (2015) Pemanfaatan media kereta huruf untuk meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak tunagrahita kelas II di SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar / Aditya Dwi Taufikul Adha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Taufikul Adha Aditya. 2015. Pemanfaatan Media Kereta Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Vokal Pada Anak Tunagrahita Kelas II SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Media Kereta Huruf Melafalkan Huruf Vokal Tunagrahita Anak tunagrahita merupakan suatu kondisi dimana anak memiliki tingkat kecerdasan yang sedemikian rendahnya (di bawah normal) sehingga untuk meneliti tugas perkembangannya memerlukan bantuan atau layanan secara spesifik. Media pembelajaran sangat berperan dalam proses pembelajaran karena dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan sehingga siswa menjadi lebih mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan media kereta huruf yang merupakan rangkaian kereta api berbahan dasar kayu dan terdapat 5 gerbong. Dalam setiap masing masing gerbong terdapat huruf vokal agar menarik minat belajar siswa serta mempermudah siswa dalam melafalkan huruf. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan pemanfaatan media kereta huruf terhadap peningkatan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak tunagrahita kelas II di SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan melafalkan huruf vokal menggunakan media kereta huruf pada anak tunagrahita kelas II SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tidakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2 siklus. Masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa tunagrahita kelas II SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar yang berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki- laki dan 4 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan 1 bahwa siswa yang tuntas belajar sebanyak 2 dengan atau 33 33% dengan kriteria rendah. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2 siswa yang tuntas sebanyak 4 anak atau 66 66% dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan 1 dapat dianalisis bahwa siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 83 33% dengan kriteria baik sekali. Pada siklus II pertemuan 2 siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 100% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kereta huruf dapat meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Kendalrejo Kabupaten Blitar. Saran pada guru hendaknya menggunakan media kereta huruf dalam rangka meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item