Pengaruh media batang cuisenaire untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung / Ria Sekarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media batang cuisenaire untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung / Ria Sekarani

Sekarani, Ria (2015) Pengaruh media batang cuisenaire untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung / Ria Sekarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sekarani Ria. 2015. Pengaruh Media Batang Cuisenaire Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Tunagrahita Kelas IV Di SDLB C Negeri Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd. (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Batang Cuisenaire Operasi Hitung Penjumlahan Tunagrahita Tunagrahita adalah individu yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah mereka sulit untuk berpikir secara abstrak. Berdasarkan karakteristiknya mereka cenderung memiliki kemampuan berpikir konkret. Tunagrahita mengalami kesulitan pada proses pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan 1 sampai 10 yang bersifat abstrak. Untuk itu cara mengajar siswa tunagrahita memerlukan bantuan media pembelajaran sebagai perantara untuk menyampaiakan informasi pelajaran kepada siswa secara konkret. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung saat kondisi baseline tanpa menggunakan media batang Cuisenaire (2) untuk mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung saat kondisi intervensi menggunakan media batang Cuisenaire dan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media batang Cuisenaire terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Single Subject Reseach (SSR) dengan desain A-B-A dan menggunakan satuan skor persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi assesmen dan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita yang rendah sebelum diberikan intervensi dan meningkat saat diberikan intervensi. Adanya pengaruh penggunaan media batang Cuisenaire sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan dapat dinyatakan dalam perhitungan persentase overlap antar fase baseline 1 ke fase intervensi sebesar 0%. Persentase kecil ini memiliki arti bahwa intervensi memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan karena persentase overlap di bawah 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media batang Cuisenaire yang diterapkan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung memiliki pengaruh terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada saat dan sesudah diberikan intervensi. Saran bagi sekolah dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menerapkan media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item