Susmianto (2015) Pengenalan teknik orientasi mobilitas untuk mengenal sekolah siswa tunanetra kelas I SDLB A/D Bhayangkari Trenggalek / Susmianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susmianto.2015. Pengenalanteknikorientasimobilitasuntukmengenallingkungansekolahsiswatunanetrakelas i Sdlb A/D KemalaBhayangkariTrenggalek.Skripsi jurusanpendidikanluarbiasa fakultasilmupendidikan universitasnegerimalang. Pembimbing (I) Drs. EndroWahyuno M.Si (II) Drs Abdul Huda M.Pd. Kata kunci OrientasidanMobilitas TeknikOrientasiMobilitas Tunanetra Tunaetraadalahseseorang yang mengalamikerusakanpadainderapenglihatannyasehinggapandanganterganggu.Orientasidanmobilitasadalahsuatusaranauntukpembelajarangerakdarisatutempatketempatlaindenganindera yang masihadaatauberfungsidengancepat.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukbeberapahal yaitu (1) untukmendiskripsikanteknikorientasimobilitasuntukmengenallingkungansekolahsiswatunanetrakelas I SDLB A/D KemalaBhayangkariTrenggaleksaatkondisibaselin (2) untukmendiskripsikanteknikorientasimobilitassiswatunanetrakelas I SDLB A/D KemalaBhayangkariTrenggaleksetelahkondisiintervensipetunjuktitiktitiktempat (3) untukmendiskripsikanadanyapengaruhpengenalanteknikorientasidanmobilitasuntukmengenallingkungansekolahsiswatunanetrakelas I SDLB A/B KemalaBhayangkariTrenggalek. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansinggle subject research (SSR) dengandesain AB. Desain AB digunakanuntukmengukurperubahan target behavior padabaselin A hinggaintervensi B. Subjekpenelitianmenggunakansiswatunanetrayaitu V (15 tahun). Jenisinstrumen yang digunakanyaitulembarobservasi lembarpenilaiandandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakanteknikanalisis data.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraumumkenaikanskorsaatbaselinmenujukeintervensi.Keadaaniniditunjukkanpadapenilaiankemampuanteknikorientasidanmobilitassaatbaselin (A) menunjukkanantara 51% - 57% dengannilai mean level 54 8%. Padakondisiintervensi (B) kemampuanteknikorientasimobilitasmenunjukkanantara 72% - 80% dengan mean 76 4%.Perolehannilaipersentase overlap antarabaselin (A) keintervensi (B) sebesar 0%. Perolehannilaipersentase overlap semakinkecilnilaipersentasemakasemakinbaikpengaruhintervensiterhadap target behavior. Kesimpulandaripenelitianiniadalahadanyapengaruhorientasidanmobilitasterhadapkemandiriansiswatunanetrakelas I SDLB A/B KemalaBhayangkariTrenggalek sehingga saran kepada guru dansekolahuntukmelatihkemampuanorientasidanmobilitaskepadasiswatunanetrauntukmeningkatkankemandiriansiswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |