Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada siswa tunagrahita kelas 4 SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada siswa tunagrahita kelas 4 SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur

Nur, Devina Rahmadiani Kamaruddin (2015) Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada siswa tunagrahita kelas 4 SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Devina Rahmadiani Kamaruddin. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berhitung Pengurangan Pada Siswa Tunagrahita Kelas 4 SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Berhitung Pengurangan Tunagrahita Anak Tunagrahita memiliki fungsi intelektual umum berada dibawah rata-rata anak normal dan mengalami hambatan dalam menyelesaikan tugas akademik maupun non akademik salah satunya yaitu kemampuan berhitung pengurangan. Oleh sebab itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan. Salah satu dari pendekatan tersebut adalah Pembelajaran Kontekstualdenganketujuhkomponennyayaitukonstruktivis menemukan bertanya pemodelan masyarakat belajar refleksi dan penilaian sebenarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual pada pengajaran berhitung pengurangan anak tunagrahita kelas 4 SDLB Negeri Kedungkandang Malang dan mengetahui pengaruh Pembelajaran Kontekstual pada kemampuan berhitung pengurangan anak tunagrahita kelas 4 SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. subjek penelitian ini yaitu N seorang siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri Kedungkandang yang memiliki hambatan dalam berhitung pengurangan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung pengurangan yang terdiri dari berhitung pengurangan bilangan 1-10. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Kontekstual. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test observasi dan dokumentasi. Instrument divalidasi dengan menggunakan teknik expert judgemen. Data penelitian dianalisisi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pembelajaran Kontekstual pada kemampuan berhitung pengurangan. Keadaan ini ditunjukkan pada penilaian kemampuan berhitung pengurangan siswa tunagrahita pada fase baseline-1 berkisar antara 70% hingga 76% pada fase intervensi berkisar antara 86% hingga 93% dan pada fase baseline-2 berkisar antara 93% hingga 98% yang menunjukkan peningkatan pada tiap tahapannya. Serta persentase overlap sebesar 0% yang beratimemilikipengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pembelajaran Kontekstual dilaksanakan dengan menggunakan dunia nyata anak sebagai dasar pengembangan bahan berhitung pengurangan memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung pengurangan yaitu dapat meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item