Andriani, Nurvita Dwi (2015) Pengembangan media pem,belajaran IPA berbasis multimedia pada materi Tata Surya siswa kelas IX SMPLB Bagian B (Tunarunggu) YPTB Malang / Nurvita Dwi Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andriani N.D. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia pada Materi Tata Surya Siswa Kelas IX SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang . Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Henry Praherdiono M.Si. M.Pd Kata Kunci media pembelajaran multimedia tunarungu IPA Anak tunarungu memiliki keterbatasan dalam menerima informasi yang menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran termasuk materi IPA. Pembelajaran IPA yang dilakukan harusnya dapat membuat hubungan yang bermakna antara pengalaman hidupannya dengan pembelajaran IPA di kelas. Pembelajaran yang bermakna memerlukan media pembelajaranberbasis multimedia untuk memvisualisasikan materi sebagai pengalaman belajar. SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang adalah sekolah khusus tunarungu yang belum sempurnadalam menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran IPA. Tujuan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia materi tata surya ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran IPAmateri tata surya yang valid secara teoretik dan empiris oleh ahli dan dapat diimplementasikan di SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi audience analysis technology analysis situation analysis task analysis critical analysis objective analysis issue analysis media analysis extand data analysis dan cost analysis. Secara keseluruhan media pembelajaran IPA berbasis multimedia pada materi tata surya untuk siswa kelas IX SMPLB Bagian B (Tunarungu) YPTB Malang ini telah dinyatakan valid dengan rincian 88 09524% valid menurut ahli materi dan 75 64103% cukup valid menurut ahli praktisi dan 93 75% valid menurut ahli media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |