Pengaruh bermain ular tangga terhadap hasil belajar penjumlahan siswa tunagrahita kelas 4 SDLB Dharma Wanita Pare Kediri / Arianti Iman Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bermain ular tangga terhadap hasil belajar penjumlahan siswa tunagrahita kelas 4 SDLB Dharma Wanita Pare Kediri / Arianti Iman Sari

Sari, Arianti Iman (2015) Pengaruh bermain ular tangga terhadap hasil belajar penjumlahan siswa tunagrahita kelas 4 SDLB Dharma Wanita Pare Kediri / Arianti Iman Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari AriantiIman. 2015. Pengaruh Bermain Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Siswa Tunagrahita Kelas 4 SDLB Dharmawanita Pare Kediri. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci Bermain ular tangga hasil belajar tunagrahita Anak tunagrahita memiliki perkembangan kognitif yang lamban sehingga berpengaruh terhadap kemampuan akademiknya. Anak tunagrahita usia sekolah dasar masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan operasi penjumlahan karena permasalahan pada kemampuan kognitif yang seringkali tidak sinkron denganusia dan tingkat kelas yang diduduki. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah bermain Ular Tangga. Bermain ular tangga sangat relevan dengan operasi penjumlahan dimana kegiatan bermain ini dilakukan dengan menjumlahkan bilangan sesuai dengan poin hasil lemparan dadu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan siswa kelas 4 SDLB Dharmawanita Pare kediri sebelum melakukan kegiatan bermain Ular Tangga (2) Mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan siswa kelas 4 SDLB Dharmawanita Pare Kediri sesudah melakukan kegiatan bermain Ular Tangga (3) Mendeskripsikan pengaruh bermain Ular Tangga terhadap hasil belajar penjumlahan siswa kelas 4 SDLB Dharmawanita Pare Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian SSR (Single Subject Researc) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen assesmen tes dan observasi. Kegiatan pada penelitian ini meliputi tahap baseline 1 intervensi dan baseline 2. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan perhitungan mean level pada kondisi baseline1 sebesar 52 5 sedangkan mean level intervensi79 5 dan mean level baseline 2 sebesar 77 4. Serta hasil overlap sebesar 0%. Kesimpulan penelitian ini adalah bermain ular tangga berpengaruh terhadap hasil belajar penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV SDLB Dharmawanita Pare Kediri sehingga disarankan kepada guru untukmenggunakan kegiatan bermain ular tangga dalam pembelajaran penjumlahan maupun kegiatan bermain lain yang relevan dengan pembelajaran tertentu dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item View Item