Pengembangan permainan papan flanel berbentuk tas dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas III Tunarunggu SDLB Eka Mandiri Batu / Nova Hamdaniyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan papan flanel berbentuk tas dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas III Tunarunggu SDLB Eka Mandiri Batu / Nova Hamdaniyati

Hamdaniyati, Nova (2015) Pengembangan permainan papan flanel berbentuk tas dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas III Tunarunggu SDLB Eka Mandiri Batu / Nova Hamdaniyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamdaniyati Nova. 2015. Pengembangan Permainan Papan Flanel Berbentuk Tas dalam Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas III Tunarungu SDLB Eka Mandiri Batu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda. M Pd (II) Dra. Sudarsini M. Pd. Kata Kunci Permainan Papan Flanel Berbentuk Tas. Mata Pelajaran IPS Tunarungu. Anak tunarungu memiliki hambatan dalam pendengarannya karena hambatan tersebut maka juga mempengaruhi sosial anak tunarungu kebanyakan anak tunarungu memiliki sifat egois yang tinggi maka itu dalam setiap pembelajaran diberikan pembelajaran yang aktif yaitu dengan menggunakan permainan agar siswa tunarungu juga dapat bersosialisasi dengan lingkungan kelasnya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan perangkat permainan papan flanel untuk pembelajaran IPS dengan materi pekerjaan pada kelas III SDLB Eka Mandiri Batu. Prosedur pengembangan permainan papan flanel mengadaptasi dari (sumber metode Research and Development (R D) Sugiyono 2011 298) (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain produk (5) revisi desain produk awal (6) ujicoba produk (7) revisi desain akhir. Subyek ujicoba produk ini adalah siswa tunarungu kelas 3 SDLB Eka Mandiri Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas 3 tunarungu SDLB Eka Mandiri Batu karena hasil penelitian pada ahli materi diperoleh nilai 87% ahli media diperoleh nilai 92 1% praktisi menunjukkan nilai 85 3% dan hasil rata-rata angket yang diberikan kepada 5 siswa maka diperoleh nilai 82 3%. Kesimpulan penelitian ini adalah produk yang dihasilkan dapat digunakan atau valid untuk digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas 3 tunarungu SDLB Eka Mandiri Batu. Saran yang direkomendasikan adalah 1) Guru harus mampu memodifikasi materi pada permainan yang telah dikembangkan dengan kreatif 2) Siswa diharapkan mampu membiasakan belajar dengan menggunakan pembelajaran secera aktif. 3) Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan papan flanel dengan lebih efesien untuk pembawaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item