Pengembangan media Puzzle Braille untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak tunatunggu kelas IV di SDLKB A/D Kemala Bhayangkari Trenggalek / Fahryzal Oktova Anggara Styaputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Puzzle Braille untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak tunatunggu kelas IV di SDLKB A/D Kemala Bhayangkari Trenggalek / Fahryzal Oktova Anggara Styaputra

Styaputra, Fahryzal Oktova Anggara (2015) Pengembangan media Puzzle Braille untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak tunatunggu kelas IV di SDLKB A/D Kemala Bhayangkari Trenggalek / Fahryzal Oktova Anggara Styaputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Styaputra FahryzalOktovaAnggara. 2015. Pengembangan Media PuzzleBraille UntukMeningkatkanKemampuanMembacadanMenulisBagiAnakTunanetraKelas IV di Sdlb A/D KemalaBhayangkariTrenggalek . Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Ir. EndroWahyuni M.Si. (2) Drs.UsepKustiawan M.Sn. Kata kunci Puzzle Braille Baca Tulis Tunanetra Tunanetra adalah kondisi seseorang yang mengalami kerusakan pada matanya yang menyebabkan kelainan terhadap pengelihatannya sehingga orang tersebut tidak dapat melihat seperti orang normal.Ketunanetraandisebabkanolehduafaktoryaitu factor endogen daneksogen faktor endogen disebabkanolehketurunansedangkaneksogendisebabkanolehkecelakaan obat-obatan danpenyakit Tujuanpengembanganiniadalahmenghasilkansebuah media yang dapatdigunakanuntukmelatihkemampuanmembacadanmenulisanaktunanetra khususnyasiswatunanetrakelas IV di SDLB A/D KemalaBhayangkariTrenggalek.Namadari media tersebutadalahpuzzle braille selaindigunakanuntukmelatihkemampuanmotorikhalusanaktunanetrapuzzle braille jugadapatdigunakanuntukmelatihkemampuan motoric halusanaktunanetra. Pengembangan media puzzle brailleinimengadaptasilangkah-langkahpengembangandariSugiyonoyaituterdiridari 8 tahapyaitupotensidanmasalah pengumpulan data desainproduk validasidesain revisidesain ujicobaproduk revisiprosuk produk yang dihasilkan. Subyekujicobaprodukiniyaitu 2 orang siswakelas IV di SDLB A/D KemalaBhayangkariTrenggalek.Untukmengukurtingkatkevalidanprodukinimelaluivalidasidariahli media ahlimateri ahlipraktisi ujicobaperorangandanujicobakelompokkecil.Produkhasilpengembangansetelahdilakukanvalidasikepadaparaahlidanujicobakelompokkecilmenunjukkantingkatkevalidan media puzzle braille. Hasilpenilaianahli media memperoleh 88% (sangat valid) ahlimaterimemperoleh 90% (sangat valid) ahlipraktisimemperoleh 82% (sangat valid) danhasilujicobakelompokkecilmendapatkan 82% (sangat valid). Denganituprodukpuzzle brailledinyatakansangatlayakuntukdigunakansebagai media untukmelatihkemampuanmembacadanmenulissiswatunanetra. Kesimpulanpadapenelitianiniyaituproduk yang dihasilkanmendapathasil yang valid dandapatdigunakansiswatunanetra SDLB A/D KemalaBhayangkariTrenggalek. Saran yang diajukanadalahpenelitiselanjutnyahendaknyamengembangkan media pembelajarandengansubyekujicobatidakhanyasatusekolahsaja misalnyamenggunakansubyekujicobalebihdariduasekolahataulebihsehinggakelayakanataukevalidan media lebihterbukti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item