Pengembangan media larmatika dalam pembelajaran materi bangun datar bagi siswa tunarunggu kelas III SDLB / Adinda Ayu Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media larmatika dalam pembelajaran materi bangun datar bagi siswa tunarunggu kelas III SDLB / Adinda Ayu Maharani

Maharani, Adinda Ayu (2015) Pengembangan media larmatika dalam pembelajaran materi bangun datar bagi siswa tunarunggu kelas III SDLB / Adinda Ayu Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani AdindaAyu. 2015. Pengembangan Media UlarmatikaDalamPembelajaranMateriBangunDatarbagiSiswa Tunarungu Kelas III SDLB. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan LuarBiasa JurusanPendidikanLuarBiasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. (II) Dr. Saichudin M. Kes. Kata Kunci tunarungu media matematika bangundatar Siswa SD memerlukan media untuk digunakan dalam pembelajaran matematika yang abstrak. Hal ini dapat memperjelas apa yang disampaikan oleh guru sehingga lebih cepat dipahamisiswaterutamasiswatunarunguyaitusiswayang memilikigangguandalampendengarannya baiksecarakeseluruhanataupunmasihmemilikisisapendengaran.Berdasarkan studi pendahuluanmengenai pembelajaran matematika kelas III di SDLB ABCD PGRI 2 Jajag materidisajikan langsung secara simbolikdanmenggunakan media pembelajaransederhana.Media permainanperludikembangkankarenamelaluipermainandapatdisisipkanmateripelajaransehinggasiswadapatbermainsambilbelajar. Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainanmatematika untuk siswa kelas III SDLB semester 2 pada materi bangundatardengan mengadaptasi model pengembangan Sugiyono(2013) yang meliputi 9 langkah. Uji coba produk ada 3 tahap yaitu validasi ahli uji coba kelompok produk dan uji coba pemakaian. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen dokumen angket dan tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasilnyamenunjukkan media yang dihasilkan layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase rata-rata validasi ahli mencapai 85 99% dengan kualifikasi sangat valid persentase rata-rata penilaian angket uji coba mencapai 87 5% dengan kualifikasi sangat valid terbuktidari 66 67% penilaiansangat layak dan 33 3% penilaian layak. Persentase rata-rata pre-test44 58% dengan tingkat penguasaan kurang danpersentase rata-rata post-test 85 62% dengan tingkat penguasaan baik.Persentase siswa subjek uji coba yang mencapai KKM yaitu 70 sebesar 100% pada uji coba kelompok kecil dan 100% pada uji coba lapangan. Wujud produk berupamedia permainanterdiridaripapanpermainan dadu kartupermainan bidakpemain bendera styrofoamdan reward.Kelebihan produk yaitumedia dilengkapi sinopsisuntuk guru gambarmenarik latihan soal beragam danreward. Kelemahan produk yaitu guru memilikipersiapanlebihsebelummengajaksiswabermain. Saran pemanfaatan media tidak dijadikan satu-satunya sumber belajarserta siswaperlumenyampaikankesulitan yang dialami. Saran diseminasi media didiseminasikan ke tingkat kecamatan bahkan sampai ke tingkat kabupaten. Saran pengembangan lebih lanjut media dikembangkan dengan materi-materi matematika yang lainkhususnya dan materi kelas III pada umumnya serta dengan model dan teori pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item