Wulandari, Juwita Ika (2015) Penggunaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMPLB Bagian B (Tunarungu) YPTB Malang / Juwita Ika Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Juwita Ika. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pada Siswa Kelas VIII SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi H S.Pd M.Pd (2) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci problem based learning menulis laporan tunarungu Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran materi menulis laporan. Penyebabnya yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa adanya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Untuk itu dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran problem based learning untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang setelah penggunaan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII tunarungu SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Malang yang terdiri dari 3 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi (2) Soal Tes dan (3) Dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran problem based learning membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran aktivitas siswa pada siklus I 55 menjadi 76 7 pada siklus II (2) keterampilan menulis siswa mencapai persentase ketuntatasan klasikal 33 3% pada pratindakan tetap 33 3% pada siklus I dan meningkat 100% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang. Dengan demikian guru diharapkan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran menulis laporan agar keterampilan menulis laporan siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8792 |
Actions (login required)
View Item |