Pengembangan permainan outbond mini untuk meningkatkan kemampuan sosial pada peserta didik tunagrahita di SDLB "Negeri Bunga Melati" / Machmudah Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan outbond mini untuk meningkatkan kemampuan sosial pada peserta didik tunagrahita di SDLB "Negeri Bunga Melati" / Machmudah Sa'adah

Sa'adah, Machmudah (2015) Pengembangan permainan outbond mini untuk meningkatkan kemampuan sosial pada peserta didik tunagrahita di SDLB "Negeri Bunga Melati" / Machmudah Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa adah Machmudah. 2015. Pengembangan Permainan Outbound Mini untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Pada Peserta Didik Tunagrahita di SDLB Negeri Bunga Melati. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Permainan Outbound Mini Kemampuan Sosial Tunagrahita. Permainan outbound mini adalah permainan yang dirancang sederhana di lapangan dengan beberapa rintangan yang terdapat pada empat pos dalam satu sirkuit kecil untuk mengembangkan kemampuan sosial peserta didik tunagrahita. Karakteristik dari anak tunagrahita adalah kemampuan sosial terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang menarik mudah efektif dan aman dilaksanakan sehingga anak lebih aktif dalam berinteraksi sosial baik dengan teman maupun orang lain. Penelitian ini menggunakan metode Research Development (R D) menggunakan model prosedural ada tujuh langkah mulai analisis kebutuhan hingga akhir produk layak diproduksi atau tidak. Data penelitian ini diperoleh dari guru kelas kepala sekolah saat kegiatan belajar mengajar ahli permainan ahli sosial praktisi dan peserta didik tunagrahita. Metode yang digunakan adalah wawancara bebas observasi pengamatan dan angket. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara bebas analisis kebutuhan awal rekaman gambar observasi non sistematis angket dan ceklis pengamatan saat uji coba.Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dari saran dan tanggapan para ahli dan praktisi serta data kuantitatif berupa persentase. Hasil dari penelitian ini adalah dari ahli permainan yaitu 82 % tergolong kategori sangat layak digunakan dari ahli sosial diperoleh 98% tergolong kategori sangat layak digunakan praktisi(pengguna) SDLB Negeri Bunga Melati diperoleh 82% dan praktisi SDLB Negeri Juwetkenongo diperoleh 81%. Uji kelompok kecil di SDLB Negeri Bunga Melati diperoleh 87 5% aspek kemudahan 87 5% aspek keamanan 100% aspek keefektifan dan aspek keberhasilan mengembangkan kemampuan sosial 95%. Hasil ujicoba kelompok besar diperoleh 100% aspek kemudahan 97 5% aspek keamanan 100% aspek keefektifan dan aspek keberhasilan mengmbangkan kemampuan sosial diperoleh 93%. Kesimpulan dari penelitian pengembangan dapat meningkatkan kemampuan sosial mulai awal hingga akhir permainan. Saran dapat memberikan tambahan inovasi yang lebih menarik pada permainan outbound mini untuk meningkatkan kemampuan sosial mengenai kerjasama kelompok sabar menunggu giliran antar kelompok senang berbagi dan dapat meningkatkan kemampuan yang lain pada pembelajaran peserta didik tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8790

Actions (login required)

View Item View Item