Pengaruh penggunaan media pembelajaran lembar balik terhadap kemampuan bina diri peserta didik tunagrahita kelas 1 di SDLBN Kedungkandang Malang / Dwi Arnia Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran lembar balik terhadap kemampuan bina diri peserta didik tunagrahita kelas 1 di SDLBN Kedungkandang Malang / Dwi Arnia Ulfa

Ulfa, Dwi Arnia (2015) Pengaruh penggunaan media pembelajaran lembar balik terhadap kemampuan bina diri peserta didik tunagrahita kelas 1 di SDLBN Kedungkandang Malang / Dwi Arnia Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Dwi Arnia . 2015 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lembar Balik Terhadap Kemampuan Bina Diri Peserta Didik Tunagrahita Kelas 1 di SDLBN Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Irianto M.Pd. (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd Kata kunci media pembelajaran lembar balik kemampuan bina diri tunagrahita Kebersihan diri sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Salah satu kebersihan diri sendiri yang perlu diajarkan sejak kecil adalah menggosok gigi. Sayangnya tidak semua anak mampu menggosok gigi dengan baik dan benar terutama peserta didik tunagrahita. Berkaitan dengan itu maka diperlukan media yang bisa digunakan untuk penyampaian materi menggosok gigi pada peserta didik tunagrahita sehingga mereka mampu menggosok gigi dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan bina diri peserta didik tunagrahita kelas 1 SDLBN Kedungkandang saat kondisi baseline (2)untuk mendeskripsikan kemampuan bina diri peserta didik tunagrahita kelas 1 SDLBN Kedungkandang setelah kondisi intervensi menggunakan media lembar balik dan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media lembar balik terhadap kemampuan bina diri pada peserta didik tunagrahita kelas 1 SDLBN Kedungkandang. Jenis penelitian ini adalah single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Desain A-B-A menunjukkan adanya hubungan sebab akibat antara variabel terikat dan variabel bebas. Variabel bebas atau intervensi dalam penelitian ini adalah lembar balik. Sedangkan variabel terikat atau target behavior yaitu kemampuan bina diri dalam menggosok gigi peserta didik tunagrahita kelas I di SDLBN Kedungkandang Malang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan menggosok gigi peserta didik tunagrahita pada kondisi baseline 1 masih rendah yaitu 53 8% hingga 57 7%. Kemampuan menggosok gigi peserta didik tunagrahita setelah intervensi mengalami peningkatan yaitu 84 6% hingga 98 1% dan pada baseline 2 yaitu 82 7% hingga 92 3%. Media pembelajaran lembar balik dikatakan berpengaruh karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan menggosok gigi peserta didik tunagrahita. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran lembar balik berpengaruh terhadap kemampuan bina diri dalam menggosok gigi peserta didik tunagrahita. Saran bagi kepala sekolah yaitu pengarahan mengenai media-media pembelajaran lainnya untuk bina diri. Saran untuk guru yaitu dapat menggunakan media lembar balik dalam bina diri. Saran untuk penelitian lainnya yaitu adanya penelitian yang lebih lanjut tentang media-media pembelajaran untuk bina diri lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8789

Actions (login required)

View Item View Item