Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPA kelas VII tunarungu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Nanda Asyukur Muthohirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPA kelas VII tunarungu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Nanda Asyukur Muthohirin

Muthohirin, Nanda Asyukur (2015) Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPA kelas VII tunarungu di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar / Nanda Asyukur Muthohirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muthohirin Nanda asyukur. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran IPA Kelas VII Tunarungu Di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tunarungu Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus sudah diamanatkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32. Anak tunarungu merupakan salah satu dari anak berkebutuhan khusus yang juga berhak memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu. Anak Tunarungu sendiri memiliki pengertian keadaan dari seseorang individu yang mengalami kerusakan pada indera pendengaran sehingga menyebabkan tidak bisa menangkap berbagai rangsangan suara atau rangsang lain melaui pendengaran. Akibat hambatan pendengaran komunikasi yang terjadi antara siswa tunarungu dengan gurunya sering terjadi salah persepsi. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang bersifat visual yang dapat membantu pembelajaran anak tunarungu. Multimedia pembelajaran interaktif adalah sebuah multimedia yang dalam penggunaannya dapat dikontrol dan dioperasikan oleh pengguna. Multimedia pembelajaran interaktif yang bersifat visual sangat tepat digunakan untuk pembelajaran anak Tunarungu yang belajar menggunakan indra penglihatan. Maka dari itu Multimedia Interaktif ini dirasa mampu untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran IPA untuk anak tunarungu. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup yang diuji valid. (2) Menguji keefektifan multimedia pembelajaran interaktif yang telah dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Multimedia pembelajaran ini berdasar model pengembangan Borg Gall. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) Studi Pendahuluan (2) Perencanaan Penelitian (3) Pengembangan Produk Awal (4) Uji coba Lapangan Awal (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas (6) Uji Lapangan Lebih Luas (7) Revisi Hasil Uji Lapangan (8) Uji Kelayakan (9) Revisi Hasil Uji Kelayakan (10) Diseminasi. Multimedia pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media ahli materi dan siswa. Persentase hasil validasi ahli media sebanyak 94 1% persentase ahli materi sebanyak 85% presentasi uji coba siswa kelompok kecil sebanyak 85 9%. Dari data uji kelayakan media tersebut memperoleh hasil rata-rata 88 3% sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil tingkat kelulusan belajar siswa terjadi peningkatan dari yang semula 50% menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPA Ciri-ciri Makhluk hidup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item