Abidah, Zeni (2015) Penggunaan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben / Zeni Abidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Abidah Zeni. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Kelas VII Di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. H Ahmad Samawi M. Hum Kata Kunci Model pembelajaran Example non Example Hasil belajar IPA Tunagrahita. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa tunagrahita dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa tunagrahita dengan model pembelajaran Example non Example. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus berisi 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak tunagrahita kelas VII yang berjumlah 6 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik data kualitatif yang meliputi cara reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan model pembelajaran Example non Example yang meliputi persiapan perangkat pembelajaran menampilkan gambar-gambar hewan diskusi siswa presentasi kelompok dan kesimpulan 2) Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat pada prakegiatan rata-rata mencapai 43 33% dengan ketuntasan belajar sebesar 16 66% menjadi 68 33% dengan ketuntasan belajar sebesar 33 34% pada siklus I dan meningkat rata-ratanya menjadi 90 00% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 83 34% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Example non Example pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya tetapi agar diperhatikan penggunaan perangkatnya karena berhubungan langsung dengan listrik. Bagi peneliti lain disarankan untuk menindaklanjuti penelitian ini tidak hanya meneliti hasil belajar siswa tetapi juga kemampuan sosial yang tampak selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8787 |
Actions (login required)
View Item |