Pengembangan media monopoli untuk mata pelajaran matematika kelas IV tunarungu di SLB Putra Mandiri Tulungagung / Eva Erlina Hidhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli untuk mata pelajaran matematika kelas IV tunarungu di SLB Putra Mandiri Tulungagung / Eva Erlina Hidhayati

Hidhayati, Eva Erlina (2015) Pengembangan media monopoli untuk mata pelajaran matematika kelas IV tunarungu di SLB Putra Mandiri Tulungagung / Eva Erlina Hidhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidhayati Eva Erlina. 2015. Pengembangan Media Monopoli Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Tunarungu di SLB Putra Mandiri Tulungagung. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing ( Dr. Saichudin M.Kes (2) Drs. Ir. EndroWahyuno M.Si. Kata Kunci Pengembangan Media Monopoli Matematika Media Pembelajaran Pembelajaran operasi hitung campuran merupakan salah satukompetensi yang wajib diajarkan pada siswa sehingga pembelajaran operasi hitungcampuran harus diberikan dengan suasana yang menyenangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar suasana di dalam kelas menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik efektif dan efisien. Media pembelajaran yang tepat diberikan untuk siswa tunarungu adalah media monopoli. Media monopoli merupakan hasil modifikasi antara media pembelajaran dengan permainan monopoli sehingga tercipta media yang menyenangkan dan menarik untuk digunakan pada pembelajaran operasi hitung campuran. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan permainan monopoli untuk digunakan sebagai media pembelajaranoperasi hitung campuran kelas IV Tunarung SLB Putra Mandiri yang diuji valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan model prosedural yang dikembangkan oleh Sadiman (2010 101). Tahap pengembangan dan penelitian ini adalah (1) tahap identifikasi kebutuhan (2) tahap perumusan tujuan (3) tahap perumusan butir-butir materi (4) tahap perumusan pengukur keberhasilan (5) tahap perumusan naskah media (6) tahap produksi media (7) tahap revisi media (8) naskah siap prosuksi (9) tahap uji coba produk . Datapenelitian dan pengembangan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dari para ahli data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian dari para ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli media materi dan siswa. Berdasarkanhasilanalisis data diperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 85 3% hasil validasi dari ahli media sebesar 82 4% dan dari siswa sebesar 90%. Berdasarkan hasil perolehan skor dari para ahli maka media monopoli sudah dapat dikatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran operasi hitung. Media monopoli efektif untuk digunakan dalam pembelajaran operasi hitung berdasarkan hasil peningkatan kemampuan siswa pada operasi hitung campuran sebesar 62% dan dinyatakan efektif untuk digunakan. Berdasarka hasil analisis data keseluruhan maka dapat disimpulkan bahwa media monopoli yang telah dikembangkan dapat dibuktikan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran operasi hitung campuran kelas IV siswa tunarungu. Guru atau ahli media yang lain disarankan untuk mengembangkan isi media baik dari segi pemilihan materi maupun soal yang ada dalam media monopoli agar dapat digunakan secara lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item