Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang / Prima Rizka Trisnanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang / Prima Rizka Trisnanda

Trisnanda, Prima Rizka (2015) Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang / Prima Rizka Trisnanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trisnanda Prima Rizka. 2015. Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita Kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Abdul Huda M.Pd (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd Kata Kunci Tunagrahita kemampuan menulis kalimat media gambar seri Rendahnya kualitas belajar khususnya kemampuan menulis kalimat pada anak tunagrahita maka proses pembelajaran perlu mendapatkan perhatian penuh. Perlu adanya meningkatkan minat dan motivasi pada siswa agar mutu dan kualitas belajarnya semakin maju dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis pada anak tunagrahita. Banyak metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut terdapat pada siswa SMPLB Kepanjen Malang yang masih belum maksimal dalam menulis kalimat. Kalimat yang dituliskan tidaklah terstruktur dengan benar sehingga terjadi kesalahpamahan arti dan makna bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang pada kondisi baseline (2) mendeskripsikan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang pada kondisi intervensi (3) mendeskripsikan pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakkan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A dimana desain ini digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada target behavior dari fase baseline-1 (A1) ke Intervensi (B) dan dilanjutkan ke baseline- 2 (A2). Subjek penelitian menggunakan satu siswa tunagrahita yaitu RTO (14 tahun). Penggunaan media gambar seri dilakukan setelah subjek selesai melakukan fase baseline-1 (A1) sebelumnya guru menjelaskan pengertian dari kalimat jenis-jenis kalimat fungsi kalimat dan pola struktur kalimat tentang SP-SPO-SPK selanjutnya SPOK. Berdasarkan pengolahan data diperoleh mean level fase baseline-1(A1) subjek RTO sebesar 57%. Mean level pada fase intervensi (B) subjek RTO sebesar 86%. Mean level pada fase baseline-2 (A2) sebesar 87 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat pada siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Kepanjen Malang. Sehingga disarankan kepada guru untuk dapat mengoptimalkan kemampuan siswa tunagrahita dalam menulis kalimat. Penggunaan media gambar seri dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat diterapkan selain membantu dalam membantu dalam menulis kalimat medida gambar seri juga dapat melatih motorik anak dan daya konsentrasi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item View Item