Pemanfaatan media kartu kara bergambar untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris anak tunarungu kelas VIII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Mega Tri Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kartu kara bergambar untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris anak tunarungu kelas VIII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Mega Tri Andayani

Andayani, Mega Tri (2015) Pemanfaatan media kartu kara bergambar untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris anak tunarungu kelas VIII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Mega Tri Andayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andayani Tri Mega. 2015. Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Hasil Belajar Bahasa Inggris Media Kartu Kata Bergambar Berdasarkan hasil tes pra tindakan yang peneliti lakukan di kelas VII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar di dapati bahwa hasil belajar bahasa Inggris siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar bahasa Inggris disebabkan guru jarang menggunakan atau memanfaatkan media pembelajaran guru kurang kreatif dan miskin inovasi dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan media kartu kata bergambar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemanfaatan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada anak tunarungu kelas VII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar setelah dibelajarkan dengan media kartu kata bergambar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dari masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan (observasi) serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa tunarungu kelas VII SMPLB Budi Mulia kecamatan Talun Kabupaten Blitar Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa sangat tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media kartu kata bergambar karena siswa lebih cepat memahami dengan adanya bantuan gambar hal tersebut dapat dilihat ketika guru menunjukan gambar-gambar mereka sangat antusias (2) Hasil penelitian pratindakan diperoleh rata-rata mencapai 46 dengan ketuntasan belajar kelas 20% siklus I di peroleh hasil rata-rata mencapai 63 dengan ketuntasan belajar kelas 60% Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas mencapai 76 dengan ketuntasan belajar kelas 80%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) efektifitas pemanfaatan media kartu kata bergambar untuk membantu pelajaran bahasa Inggris dalam menarik perhatian anak tunarungu (2) melalui pemanfaatan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VII SMPLB Budi Mulia Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Saran dalam penelitian ini ditujukan pada (1) Kepala Sekolah lebih memperhatikan lagi sarana dan prasarana yang ada disekolah agar terciptanya pembelajaran lebih efektif (2) Guru hendaknya memanfaatkan media kartu kata bergambar sebagai variasi media pembelajaran (3) Peneliti Lain media pembelajaran kartu kata bergambar dapat dikembangkan dan diperbaiki lebih lanjut untuk digunakan pada penelitian-penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8784

Actions (login required)

View Item View Item