Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek / Agustine Eka Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek / Agustine Eka Sari

Sari, Agustine Eka (2015) Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek / Agustine Eka Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Agustine Eka. 2015. Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Kemampuan Operasi Hitung Campuran Siswa Tunarungu Kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Pramono S.Pd M.Or. Kata Kunci permainan ular tangga operasi hitung campuran tunarungu Tunarungu yang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran salah satunya pada operasi hitung campuran. Operasi hitung campuran yang dimaksud adalah operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan angka 1-20. Berdasarkan studi pendahuluan yaitu kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika sehingga memerlukan media pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek saat kondisi baseline (2) Bagaimanakah kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek setelah intervensi (3) Adakah pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu kelas IV SDLBN Panggungsari Trenggalek. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A dan menggunakan satuan ukur skor persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa tuanrungu kelas IV di SDLBN Panggungsari Trenggalek pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian ini adalah mean level kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu pada fase baseline-1 sebesar 66 3 kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu pada fase intervensi sebesar 86 8 dan mean level kemampuan operasi hitung campuran siswa tunarungu pada fase baseline-2 sebesar 94 4. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan persentase overlap antara baseline-1 ke fase intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan intervensi memiliki pengaruh terhadap peningkatan target behavior. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan ular tangga yang diterapkan pada siswa tunarungu kelas IV memiliki pengaruh terhadap kemampuan operasi hitung campuran. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan kemampuan operasi hitung campuran pada saat sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa permainan ular tangga. Adapun saran bagi kepala sekolah dan guru adalah mengadakan pelatihan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item