Pemanfaatan media puzzel pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa tunagrahita kelas IX SMPLB B/C Kepanjen Kabupaten Malang / Aditya Arifin Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media puzzel pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa tunagrahita kelas IX SMPLB B/C Kepanjen Kabupaten Malang / Aditya Arifin Putra

Putra, Aditya Arifin (2015) Pemanfaatan media puzzel pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa tunagrahita kelas IX SMPLB B/C Kepanjen Kabupaten Malang / Aditya Arifin Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah Siti. 2015.Peningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Estafet Ceria di Kelompok B TK Satu Atap SDN Kotalama 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (II) Drs. I Made Seken M.Pd. Kata kunci kemampuan kerjasama permainan estafet ceria Kerjasama merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan anak sebagai bekal untuk kehidupan selanjutnya. Hasil observasi pada anak kelompok B TK Satu Atap SDN Kotalama 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015 menunjukkan masih rendahnya kemampuan kerjasama ditunjukkan dari 20 anak hanya ada 3 anak yang tuntas dalam kemampuan kerjasama. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam bersosialisasi kurang antusias dan kesulitan dalam melaksanakan tugas kelompok. Penyebabnya antara lain metode pengajaran yang digunakan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah pemberian tugas lebih sering secara individu. Atas dasar hal tersebut penelitian tindakan kelas perlu dilaksanakan. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan penerapan permainan estafet ceria dalam pengembangan kemampuan kerjasama di kelompok B TK Satu Atap SDN Kotalama 2 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama di kelompok B TK Satu Atap SDN Kotalama 2 setelah penerapan permainan estafet ceria. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian 20 anak pada kelompok B di TK Satu Atap Kotalama 2 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan selama dua siklus setiap siklus meliputi tahapan (1) perencanaan tindakan. (2) pelaksanaan tindakan. (3) pengamatan. (4) refleksi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa foto dan dokumen nilai yang menggambarkan kemampuan kerjasama anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran melalui permainan estafet ceria dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada kelompok B di TK Satu Atap SDN Kotalama 2 Malang. Peningkatan kemampuan kerjasama dengan penerapan permainan estafet ceria pada siklus I memperoleh 45% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77 5%. Data menunjukkan siklus II lebih baik dari siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kerjasama melalui permainan estafet ceria dapat dilaksanakan dengan sangat baik pada kelompok B di TK Satu Atap SDN Kotalama 2 Malang dan kemampuan kerjasama dapat ditingkatkan melalui permainan estafet ceria disarankan pada guru TK maupun bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan pembelajaran melalui permainan estafet ceria dengan tema dan media yang berbeda sehingga akan menambah kreatifitas anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8782

Actions (login required)

View Item View Item