Meningkatkan kemampuan menulis tunanetra melalui penggunaan CBM (Curriculum Based Measurement) / Fandi Pradana Priambodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis tunanetra melalui penggunaan CBM (Curriculum Based Measurement) / Fandi Pradana Priambodo

Priambodo, Fandi Pradana (2015) Meningkatkan kemampuan menulis tunanetra melalui penggunaan CBM (Curriculum Based Measurement) / Fandi Pradana Priambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priambodo FandiPradana. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Tunanetra Melalui Penggunaan CBM (Curriculum Based Measurement). Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (2) Ir.EndroWahyuno M. Si Kata kunci kemampuan menulis tunanetra CBM (Curriculum Based Measurement) Pembelajaran menulis merupakan salah satu pembelajaran yang akan digunakan untuk kehidupan dimasa depan. Pembelajaran menulis tidak hanya diberikan kepada siswa reguler tapi juga untuk siswa berkebutuhan khusus. Kemampuan menulis siswa tunanetra juga harus mendapat perhatian untuk kehidupan kedepan mereka. Penelitian ini meneliti tentang kemampuan menulis siswa tunanetra di SDLB Negeri Tompokersan yang terdapat masalah. Permasalahan yang dihadapi oleh tunanetra adalah ketika Y (inisial nama) mengalami kesalahan dalam menuliskan kata tertentu. Dalam menuliskan sebuah kata yang di diktekan guru Y terkadang mengurangi mengganti atau bahkan menghilangkan huruf yang seharusnya dituliskan. Rumusanmasalahnyaadalah (1) Apakah penggunaan Curriculum Based Measurement (CBM) mampu meningkatkan kemampuan menulis kata anak tunanetra secara efektif PenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianSingle Subject Research (SSR) desainmultiple baseline cross variabel. SubjekpenelitianiniadalahY (8tahun). Pengumpulan data dilakukandengansoalteskemampuanmenulis katakemudiandianalisisdenganrumusprosentase. Hasil yang diketahuidaripenelitianiniadalah (1) mean level kemampuanmenulis kata siswa tunanetra SDLBpadafase baselinedengan pola KVKV adalah 63 5% sedangkan mean untuk pola KVKKVK adalah 70 2% (2) Mean pada fase intervensi pada pola KVKV adalah 97 8% sedangkan pada pola KVKKVK adalah 97 8% (3) CBM (Curriculum Based Measurement) terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis kata siswa tunanetra di SDLB. Saran dalampenelitianiniditunjukkankepada (1) Guru diharapkan dapat menerapkan metode CBM dalam pembelajaran siswa dikelas (2) Mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa diharapkan dapat mengerti metode CBM sehingga dapat diterapkan pada proses pembelajaran menulis apabila dijumpai masalah yang serupa (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang serupa dalam ruang lingkup selain pada siswa tunanetra di SDLB dan pada kemampuan lain selain menulis kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item