Chairunissa, Dinar (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui keterampilan kolase pada siswa tunagrahita ringan kelas I SLB Widya Shantika Karangploso Malang / Dinar Chairunissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dinar Chairunissa. 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Keterampilan Kolase Pada Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas 1 SLB Widya Shantika Karangploso Malang . Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Usep Kustiawan M.Sni (II) Drs. Abdul Huda M.Pd Kata kunci Keterampilan kolase motorik halus tunagrahita ringan Berdasarkan hasil observasi peneliti di SLB Widya Shantika Karangploso Malang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa tunagrahita kelas I mengalami kesulitan dalam motorik halusnya. Salah satu penyebabnya adalah keterampilan guru masih kurang. Misalnya dalam menyiapkan keterampilan yang dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran hanya terbatas penjelasan dari guru dan pemberian tugas. Kondisi pembelajaran seperti ini belum sepenuhnya dapat memfasilitasi peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan terutama untuk anak tuna grahita yang memiliki kelemahan pada motorik halusnya. Disamping itu hasil dari menulis permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang dari standart nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah. KKM yang ditentukan oleh sekolah adalah 60 sedangkan rata-rata di kelas hanya 54.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan keterampilan kolase yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Keterampilan ini diharapkan dapat meningkatkan motorik halus siswa tuna grahita kelas 1 SLB Widya Shantika Karangploso Malang. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penggunaan keterampilan kolase untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita ringan kelas 1 di SLB Widya Shantika Karangploso Malang dan (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita ringan kelas 1 di SLB Widya Shantika Karangploso Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam adalah penelitian tindakan kelas (action classroom research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Siklus I dilaksanakan pada 10 dan 13 Mei 2014 dan siklus II dilaksanakan pada 17 dan 20 Mei 2014. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap kemampuan menulis permulaan siswa. Penelitian pada siklus I di peroleh hasil rata-rata nilai mencapai 59. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kelas mencapai 69. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 60. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui keterampilan kolase kemampuan motorik halus siswa tuna grahita kelas 1 SLB Widya Shantika Karangploso Malang dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |