Pengaruh pendekatan Totally Physical Response (TPR) terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa tunarungu kelas X di SMALB Malang / Ruth Rosalia Nababan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan Totally Physical Response (TPR) terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa tunarungu kelas X di SMALB Malang / Ruth Rosalia Nababan

Nababan, Ruth Rosalia (2014) Pengaruh pendekatan Totally Physical Response (TPR) terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa tunarungu kelas X di SMALB Malang / Ruth Rosalia Nababan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nababan Ruth Rosalia. 2014. Pengaruh Pendekatan Totally Physical Response (TPR) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Tunarungu Kelas X di SMALB YPTB Malang Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd M.Kes (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pendekatan totally physical response Siswa tunarungu. 12288 12288 12288 12288 Kelainan pendengaran pada anak tunarungu mengakibatkan masalah yang kompleks pada proses pembelajarannya termasuk pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan observasi siswa tunarungu menunjukkan pembendaharaan kosakata yang sedikit serta kesulitan dalam menyusun kalimat. Oleh karena itu pembelajaran bagi anak tunarungu memerlukan berbagai pendekatan untuk mengatasi kesulitan belajar mereka. Salah satu pendekatan pembelajaran bahasa Inggris tersebut adalah totally physical response. Totally physical response merupakan pendekatan yang menggunakan perintah-perintah lisan yang harus dilakukan siswa agar dapat menunjukkan pemahaman mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan totally physical response terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa Tunarungu kelas X di SMALB YPTB Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan totally physical response sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa berupa tes. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain time series. Penelitian ini membandingkan subyek yang sama dengan kondisi yang berbeda yaitu sebelum treatment dan setelah treatment. Instrumen penelitian ini adalah tes pretes dan posttes. Teknik analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji Wicolxon Ranks dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretes dan posttes. Perbedaan ini ditunjukkan dari perbandingan rata-rata pretes siswa adalah 58 5 sedangkan rata-rata postes siswa 87 75. Hasil output diperoleh bahwa Z adalah 2 201 sehingga Z 1 96. Berdasarkan kriteria tersebut h0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan totally physical response memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa tunarungu kelas X di SMALB YPTB Malang. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan totally physical response efektif untuk dilakukan di kelas karena siswa tampak antusias dan senang dalam pembelajaran selain itu dengan menggerakan badan mereka lebih fokus pada makna kata. Saran bagi guru adalah pendekatan ini bisa dijadikan bahan referensi untuk pembelajaran bahasa Inggris. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan bahan kajian untuk dikembangkan atau diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item