Pengaruh penggunaan media dakon terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas IV tunagrahita di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri / Tria Libriani Styaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media dakon terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas IV tunagrahita di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri / Tria Libriani Styaningrum

Styaningrum, Tria Libriani (2014) Pengaruh penggunaan media dakon terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas IV tunagrahita di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri / Tria Libriani Styaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Styaningrum Tria Libriani. 2014. Pengaruh Pengguanaan Media Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Siswa Kelas IV Tunagrahita di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri. Skripsi S1 PLB Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd Kata Kunci media dakon kemampuan berhitung tunagrahita 12288 12288 12288 12288 12288 Pelajaran berhitung penjumlahan yang merupakan salah satu materi mata pelajaran matematika sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari pada siswa tunagrahita. Kemampuan siswa tunagrahita SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri dalam pelajaran matematika dinilai masih sangat kurang. Siswa tunagrahita tersebut masih menguasai penjumlahan 1-5. Perhatian yang sering teralihkan pada siswa tunagrahita dan pembelajaran yang kurang inovatif menjadi salah satu faktor terhambatnya proses belajar pembelajaran di kelas. 12288 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas IV tunagrahita pada kondisi baseline di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri (2) Bagaimana kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas IV tunagrahita ringan pada kondisi intervensi di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri (3) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran dakon terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas IV tunagrahita ringan di SDLB Dharma Putra Daha Gurah Kediri 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian A-B. Subjek penelitian ini adalah FN (14 tahun). Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes kemampuan berhitung kemudian dianalisis dengan rumus persentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diketahui dari penelitian ini adalah (1) mean level kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita pada fase baseline sebesar 58% (2) mean level kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita pada fase intervensi sebesar 98 7% (3) terdapat pengaruh media dakon terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari fase baseline ke fase intervensi hal ini di pengaruhi oleh adanya media dakon dalam pembelajaran berhitung penjumlahan pada siswa Tunagrahita di SDLB Dharma Putra Daha Kediri. 12288 12288 12288 12288 Saran dalam penelitian ini ditunjukkan kepada (1) kepala sekolah dapat mengadakan pelatihan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa (2) guru dapat menggunakan media dakon pada pembelajaran berhitung penjumlahan (3) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media dakon dengan memodifikasi bentuk dakon dan aturan menggunakan media dakon tersebut sehingga dapat melengkapi kekurangan yang terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item