Pengaruh penggunaan Curriculum Based Measurement (CBM) terhadap kemampuan menulis ejaan anak berkesulitan belajar di MI Al-Ghozali Rogotrunan Lumajang / Novia Nuril Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Curriculum Based Measurement (CBM) terhadap kemampuan menulis ejaan anak berkesulitan belajar di MI Al-Ghozali Rogotrunan Lumajang / Novia Nuril Firdaus

Firdaus, Novia Nuril (2014) Pengaruh penggunaan Curriculum Based Measurement (CBM) terhadap kemampuan menulis ejaan anak berkesulitan belajar di MI Al-Ghozali Rogotrunan Lumajang / Novia Nuril Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firdaus Novia Nuril. 2014. Pengaruh Penggunaan Curriculum Based Measurement (CBM) Terhadap Kemampuan Menulis Ejaan Anak Berkesulitan Belajar di MI Al-Ghozali Rogotrunan Lumajang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci curriculum based measurement (CBM) menulis ejaan anak berkesulitan belajar 12288 12288 12288 Aspek kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa adalah membaca menulis dan berhitung. Siswa yang mengalami hambatan dalam salah satu atau ketiga aspek tersebut disebut anak berkesulitan belajar (learning disability). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas III di MI Al-Ghozali Rogotrunan Lumajang yang diduga mengalami kesulitan belajar menulis ejaan. Siswa mengalami kesulitan menulis kata terutama pada kata diftong dan gugus konsonan (ng ngg _ng ny). Curriculum Based Measurement (CBM) digunakan sebagai pendekatan pembelajaran dalam penelitian ini. Pada pelaksanaannya pembelajaran ini menggunakan prompting dan flashcard sebagai intervention yang diberikan kepada siswa. 12288 12288 12288 Sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan CBM dalam pengajaran menulis ejaan dan mendeskripsikan pengaruh CBM terhadap kemampuan menulis anak berkesulitan belajar di MI Al-Ghozali Rogotrunan Lumajang. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan model pengulangan (A-B-A-B). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Pengumpulan data pada setiap fase dilakukan hingga data poin stabil. Kemudian analisis dilakukan pada komponen-komponen yang ada yakni mean level trend dan rapidity/latency. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui bahwa (1) mean kemampuan awal menulis ejaan siswa stabil rendah sebesar 62 5% (2) setelah penggunaan CBM dengan intervention berupa prompting dan flashcard diketahui pada fase intervention (B1) kemampuan menulis ejaan mengalami peningkatan menjadi 70 4% (3) pada fase baseline (A2) terjadi penurunan kemampuan menulis ejaan siswa menjadi 62% karena pemberian intervention berupa prompting dihentikan dan (4) peningkatan kemampuan menulis ejaan terjadi pada fase intervention (B2) menjadi 82% karena intervention prompting dan flashcard diberikan. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian sudah sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan dalam Erica Pamela dan diketahui bahwa CBM berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis ejaan. Saran untuk guru adalah diharapkan dapat menerapkan CBM dalam memonitor perkembangan akademik siswa. Bagi mahasiswa dan peneliti selanjutnya diharapkan mampu menerapkan dan mengembangkan penelitian serupa dalam bidang akademik lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item