Peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media kubus berwarna pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen / Kusmiati Dian Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media kubus berwarna pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen / Kusmiati Dian Lestari

Lestari, Kusmiati Dian (2014) Peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media kubus berwarna pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen / Kusmiati Dian Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dian Lestari Kusmiati. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Penjumlahan Melalui Media Kubus Berwarna Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Di SLB B-C Kepanjen. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Thomas Iriyanto M.Pd (II) Drs. Tumardi S.Pd Kata kunci media kubus berwarna hasil belajar tunagrahita ringan Berdasarkan hasil observasi peneliti di SDLB B-C Kepanjen Malang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa tunagrahita kelas III mengalami kesulitan untuk melakukan operasi penjumlahan dengan hasil sampai dengan 10. Salah satu penyebabnya yaitu kreatifitas guru masih kurang misalnya dalam menyiapkan media yang dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran hanya terbatas penjelasan dari guru dan pemberian tugas tanpa ada umpan balik. Kondisi pembelajaran seperti ini belum sepenuhnya dapat memfasilitasi peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan juga belum dapat melibatkan mereka dalam proses pembelajaran secara aktif. Disamping itu hasil belajar berhitung penjumlahan siswa masih rendah ditunjukkan denganrata-rata kelas hanya mencapai 42 85% dan ketuntasan belajar kelas 14 3%. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media kubus berwarna yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Media ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas III SDLB Kepanjen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penggunaan media kubus berwarna dalam pembelajaran berhitung penjumlahan dan (2) adakah peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan siswa tunagrahita ringan melalui media kubus berwarna. Desain penelitian yang digunakan dalam adalah penelitian tindakan kelas (action classroom research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Siklus I dilaksanakan pada 12 dan 13 Februari 2014 dan siklus II dilaksanakan pada 26 dan 27 Februari 2014. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pada siklus I di peroleh hasil rata-rata mencapai 62 2% dengan ketuntasan belajar kelas 14 3%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas mencapai 82 85% dengan ketuntasan belajar kelas 85 71%. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 65 ketuntasan belajar kelas 70%. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui media kubus berwarna hasil belajar berhitung penjumlahan siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item View Item