Hidayatisshodiq, Nurul (2014) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata bergambar untuk anak tunarungu kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang / Nurul Hidayatisshodiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayatisshodiq Nurul. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Anak Tunarungu Kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir Endro Wahyuno M. Si (II) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum Kata Kunci media kartu kata bergambar membaca permulaan TKLB tunarungu 12288 12288 12288 12288 Membaca merupakan kemampuan dasar yang haras dimiliki oleh setiap anak karena membaca merupakan peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Gangguan pendengaran pada anak tunarungu mengakibatkan terhambatnya perkembangan berbahasa anak. Pembelajaran membaca permulaan masih cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang kreativitas dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik. Kondisi ini menyebabkan pembelajaran kurang menarik siswa menjadi jenuh dan pasif sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata bergambar untuk siswa tunarungu kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang (2) mendeskripsikan kendala apa saja yang dijumpai dalam pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata bergambar untuk siswa tunarungu kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang dan (3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala yang dijumpai selama penelitian pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata bergambar untuk siswa tunarungu kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar untuk anak tunarungu kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang sudah sesuai dengan RKH yang ada. Kendala yang dihadapi guru didalam kelas adalah siswa masih cenderung asik bermain sendiri di dalam kelas dan penataan bangku yang monoton mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu orang tua siswa yang kurang peduli dan tidak mau tahu tentang kemampuan anak yang harus terus diasah meskipun berada di rumah. Sedangkan solusi yang dapat dilakukan guru adalah guru mengajak siswa bernyanyi atau menyusun puzzle dan untuk kenyamanan ruang guru dapat melakukan renovasi kelas atau mengubah posisi tempat duduk. Selain itu guru mengadakan pertemuan dengan orang tua murid untuk mengadakan evaluasi pembelajaran yang diadakan 3 bulan sekali dengan ini diharapkan orang tua dan guru dapat bekerjasama dalam proses pembelajaran anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |