Peningkatan kemampuan bina diri dengan model pembelajaran picture and picture untuk anak tunagrahita ringan kelas II semester 2 di SLB Sari Wiyata Wlingi Kabupaten Blitar / Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bina diri dengan model pembelajaran picture and picture untuk anak tunagrahita ringan kelas II semester 2 di SLB Sari Wiyata Wlingi Kabupaten Blitar / Yulianti

Yulianti (2014) Peningkatan kemampuan bina diri dengan model pembelajaran picture and picture untuk anak tunagrahita ringan kelas II semester 2 di SLB Sari Wiyata Wlingi Kabupaten Blitar / Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yulianti. 2014. Peningkatan Kemampuan Bina Diri dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Semester 2 Di SLB Sari Wiyata Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Prodi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Dr. Saichudin M.Kes Kata Kunci kemampuan bina diri model pembelajaran picture and picture 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran bina diri di kelas II tunagrahita ringan SLB Sari Wiyata Wlingi Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain siswa belum bisa memakai kaos kaki dan sepatu siswa tidak bisa memakai kaos kaki seperti menggulung kaos kaki untuk dipakai siswa belum bisa memakai sepatu seperti memasukkan sepatu ke ujung kaki masih belum bisa. Dengan demikian menyebabkan kemampuan bina diri siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan kemampuan bina diri siswa tunagrahita ringan kelas II semester 2 di SLB Sari Wiyata Wlingi mendeskripsikan aktivitas siswa tunagrahita ringan kelas II semester 2 di SLB Sari Wiyata Wlingi dalam pembelajaran bina diri dengan model pembelajaran picture and picture dan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan bina diri siswa tunagrahita ringan kelas II semester 2 di SLB Sari Wiyata Wlingi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Data diperoleh dari aktivitas guru dan siswa serta hasil kemampuan bina diri siswa sedangkan instrumennya berupa lembar observasi dan lembar tes kemampuan bina diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bina diri dengan model pembelajarn picture and picture dapat meningkatkan kemampuan bina diri siswa kelas II tunagrahita ringan di SLB Sari Wiyata Wlingi Kabupaten Blitar. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan bina diri pada pratindakan dengan nilai 64 siklus I dengan nilai 77 dan siklus II dengan nilai 81. Ketuntasan kemampuan bina diri pada pratindakan sebesar 33% siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 83%. Kemampuan bina diri di kelas II tunagrahita ringan mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan bina diri pada anak kelas II tunagrahita ringan. Dengan demikian dapat disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran bina diri supaya dapat meningkatkan kemampuan bina diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item