Pengaruh metode "Kubaca" dengan gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas I SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk / Rizka Rojiyatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode "Kubaca" dengan gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas I SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk / Rizka Rojiyatul Azizah

Azizah, Rizka Rojiyatul (2014) Pengaruh metode "Kubaca" dengan gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas I SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk / Rizka Rojiyatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Rizka Rojiyatul. 2014.Pengaruh Metode Kubaca dengan Gambar terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas 1 SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata kunci tunarungu membaca permulaan metode Kubaca Anak tunarungu mengalami hambatan dalam aspek bahasa salah satunya yaitu dalam kemampuan membaca. Kondisi tersebut merupakan dampak dari kurangnya asupan bahasa yang dimiliki oleh anak sehingga menyebabkan anak kesulitan dalam mengakses bunyi bahasa. Permasalahan anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan perlu mendapat penanganan yang tepat agar kesulitan tersebut dapat teratasai sedini mungkin. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Kubaca dengan gambar terhadap peningkatan membaca permulaan anak tunarungu kelas 1 SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Metode Kubaca dengan gambar memiliki beberapa keunggulan yaitu terletak pada sistem membaca kata secara utuh dengan pilihan kata yang sesuai dengan perkembangan perolehan bahasa anak menyenangkan dengan disertai kartu kata bergambar 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A-B. Analisis data menggunakan visual grafik. Subjek penelitian berjumlah satu orang siswa laki-laki. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data menunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan yang dapat dilihat dari peningkatan nilai mean. Persentase mean dari seluruh target behavior pada fase baseline 1 (A1) adalah 25.5. Mean pada fase intervensi 1 (B1) mengalami peningkatan sehingga menjadi 58.4. Pada fase baseline 2 (A2) mean mengalami penurunan menjadi 38.9. Kemudian intervensi 2 (B2) kembali diberikan karena terjadi penurunan sehingga mean menjadi 75.3. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini sekiranya dapat dijadikan sebagai masukan dan pertimbangan bagi para pendidik untuk menggunakan metode Kubaca dalam proses pembelajaran membaca permulaan di sekolah dan bagi peneliti selanjutnya diharapakan dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode Kubaca kembali dengan subjek yang memiliki hambatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item