Hariyono, Sherli Dona Violeta (2012) Penerapan media lagu (nyanyian) dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Sherli Dona Violeta Hariyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media lagu pembelajaran PKn. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang penting untuk membantu pengajaran. Pemanfaatan media pembelajaran mengingat kondisi kemampuan siswa didalam kelas berbeda-beda didalam merespon pembelajaran. Lagu memberikan harapan sebagai alat pembelajaran yang efektif bila digunakan dalam kaitannya dengan metode pembelajaran. Lagu (nyanyian) banyak diyakini dapat melejitkan imajinasi dan memunculkan hal-hal yang tersembunyi yang disimpan oleh diri seseorang. Media lagu dirasa cukup efektif untuk digunakan agar belajar terasa menyenangkan yaitu belajar dengan lagu atau bernyanyi. Dengan memasukkan materi-materi seperti menghafal kosa-kata ke dalam sebuah lagu yang disukai anak maka dengan sendirinya anak akan dengan mudah menghafalkannya selain itu anak juga akan merasa bersemangat ketika menghafal bersama teman-temannya di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan ragam media lagu (nyanyian) yang digunakan sebagai media pembelajaran PKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang 2) mendeskripsikan rancangan pembelajaran PKn dengan menggunakan media lagu (nyanyian) pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang 3) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan media lagu (nyanyian) pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang 4) mendeskripsikan kendala yang ditemui dalam penggunaan media lagu (nyanyian) dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang dan 5) mendeskripsikan cara mengatasi kendala penggunaan media lagu (nyanyian) dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti di lapangan adalah untuk mengumpulkan data setepat-tepatnya dari kasus yang diangkat dengan menggunakan prosedur pengumpulan data yaitu metode wawancara observasi dan dokumentasi. Lokasi Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Kota Malang yang terletak di Jl. Belitung no. 1 telp. (0341) 324960-356219 Malang 65117. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Analisis data yang digunakan adalah teknik secara deskriptif-kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan kehadiran ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahap-tahap penelitian meliputi tiga tahap yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil dari penelitian ini adalah ragam media lagu (nyanyian) yang digunakan sebagai media pembelajaran PKn pada siswa kelas VII adalah ragam lagu yang sudah dibuat yang disesuaikan dengan SK (menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan kompetensi dasar) dan KD (menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab) pada semester genap. Ragam lagu yang diterapkan dalam pembelajaran PKn yaitu a) lagu berpendapat versi Trio Macan-iwak peyek b) lagu berpendapat versi Budi-do re mi c) lagu surat buat wakil rakyat yang dipopulerkan oleh Iwan Fals serta d) lagu love is talk versi Cherrybelle-love is you. Empat ragam lagu (nyanyian) ini diputar melalui alat bantu pemutar musik. Alat bantu pemutar musik yang digunakan adalah laptop kertas yang berisi ragam media lagu LCD dan pengeras suara (sound system mini) yang biasanya disambungkan pada komputer atau laptop. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dibuat 2 kali pertemuan sesuai dengan SK (4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan kompetensi dasar) dan KD (4. 2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab). Pada pertemuan pertama ragam lagu yang diterapkan hanya 1 saja. Guru terbiasa berceramah pada saat menjelaskan materi sehingga pada pertemuan pertama media lagu diterapkan setelah guru menjelaskan 3 materi. Pada pertemuan kedua dalam kegiatan inti terdapat 4 ragam lagu yang diterapkan (salah satu lagu sudah dinyanyikan pada pertemuan pertama) dan pembentukan kelompok. Di kegiatan penutup terdapat evaluasi untuk menilai hasil belajar. Topik materi dalam pembelajaran yang sesuai dengan SK (4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan kompetensi dasar) dan KD (4. 2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab) ini sesuai dengan dimensi nilai-nilai kewarganegaraan (civic values). Ada 2 faktor kendala yang ditemukan dalam menerapakan media lagu (nyanyian) dalam pembelajaran PKn di kelas yaitu ada 2 faktor dari guru dan ada 3 faktor dari siswa. Cara guru dalam mengatasi kendala penggunaan media lagu (nyanyian) dalam pembelajaran PKn pada siswa sebagai berikut a) Guru memerlukan perencanaan yang matang dalam membuat lirik lagu yang akan dijadikan sebagai media pembelajaran b) Guru dituntut harus selalu kreatif dalam memprogram pembelajaran c) Guru dituntut harus selalu kreatif dalam memprogram pembelajaran d) Pada pertemuan minggua kedua guru harus condong pada penerapan media lagu agar tidak terjadi masalah pada pertemuan sebelumnya e) Guru harus memaksimalkan alat bantu pemutar musik. Selain upaya yang harus dilakukan oleh guru tersebut di atas siswa juga harus bisa beradaptasi terhadap pembelajaran di kelas. Penerapan media lagu (nyanyian) dalam pembelajaran PKn yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik serta bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik. Peneliti memberi saran kepada guru PKn sebagai berikut 1) guru sebaiknya tidak terlalu lama menggunakan metode ceramah agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika mengikuti proses pembelajaran 2) guru seyogyanya lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dalam menentukan metode dan media pembelajaran 3) guru seyogyanya bisa mengalokasikan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran 4) guru sebaiknya bertanya dulu kepada siswa terkait lagu yang akan dijadikan ragam pada penerapan media agar siswa senang terhadap pembelajaran PKn melalui penerpan media lagu di kelas. Sedangkan untuk siswa harus bisa berdaptasi terhadap hal baru yang digunakan demi kelancaran kelangsungan proses belajar-mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |