Penggunaan media animasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa tuna rungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk / Lela Margarita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media animasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa tuna rungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk / Lela Margarita

Margarita, Lela (2014) Penggunaan media animasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa tuna rungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk / Lela Margarita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Margarita Lela. 2014. Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Bagi Siswa Tunarungu Kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata kunci pembelajaran IPA media animasi macromedia flash tunarungu. Berdasarkan observasi awal di SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk diketahui bahwa hasil belajar IPA siswa kelas II B masih relatif rendah. Selama pembelajaran IPA berlangung guru hanya menjelaskan materi secara verbalisme hanya menggunakan buku sebagai satu- satunya sumber guru juga kurang menggunakan media pembelajaran. Ketercapaian hasil belajar siswa dijabarkan dalam data prosentase sebagai berikut jumlah siswa yang mendapatkan nilai 8805 65 adalah sebanyak 4 siswa dengan persentase 57 14% dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65 adalah sebanyak 3 siswa dengan persentase 42 85%. Tujuan secara umum penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA tujuan secara khusus mendeskripsikan penerapan media animasi macromedia flash pada pembelajaran IPA siswa tunarungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk aktivitas siswa dan hasil belajar IPA siswa tunarungu SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk setelah diterapkannya media animasi macromedia flash. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dari masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian aktivitas guru dengan menggunaan media animasi macromedia flash siklus I diperoleh rata-rata klasikal mencapai 60% meningkat pada siklus II diperoleh rata- rata mencapai 65 5% hasil aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata mencapai 50 90% meningkat pada siklus II di peroleh rata-rata mencapai 73 66% hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata- rata 64 99%. Meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata mencapai 73 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media animasi macromedia flash hasil belajar IPA siswa tunarungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk dapat ditingkatkan. Agar persiapan pembelajaran lebih matang mudah dalam mengkondisikan kelas dan pembelajaran tidak membuat siswa melakukan aktivitas diluar pembelajaran ataupun tidak antusias maka guru sebaiknya menyiapkan materi-materi yang akan diajarkan terlebih dahulu dan menggunakan permainan untuk mengalihkan sejenak perhatian siswa setelah itu baru difokuskan perhatian siswa pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item